Selasa, 19 Maret 2024

Museum Cinta SBY untuk Ani Yudhoyono

Berita Terkait

batampos.co.id – Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kemarin bernostalgia di kampung halamannya, Pacitan. Hari ini SBY akan meletakkan batu pertama pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI.

Ada dua acara yang kemarin dihadiri SBY. Yakni, jalan sehat dalam rangka Hari Jadi Ke-275 Kabupaten Pacitan dan kompetisi bola voli. SBY yang didampingi putranya, Edhie Baskoro Yudhoyono, bertemu dengan masyarakat dan pejabat di Pacitan.

Suasana pembukaan di lingkar Alun-Alun Kabupaten Pacitan tampak gayeng. SBY menyapa dan menyalami warga yang hadir di lokasi tersebut. ”Bismillah, dengan ini, peserta jalan sehat dalam rangka hari jadi saya berangkatkan,” ucapnya. Kunjungan ke Pacitan sering dilakukan SBY. Bedanya, kali ini SBY tidak didampingi istri tercinta yang wafat pada 1 Juni 2019.

Hari ini SBY akan meletakkan batu pertama Museum dan Galeri SBY-ANI di jalan lingkar selatan (JLS), Ploso, Pacitan. Museum itu berisi cerita sejarah hidup SBY. Ada beberapa tema. Mulai masa kecil, remaja SBY di Pacitan, saat menjadi anggota TNI, menjadi menteri di era Presiden Gus Dur dan Megawati, hingga selama dua periode menjabat presiden. Materi yang dipajang di museum diyakini bisa bercerita. Utamanya mengenai tantangan dan capaian saat SBY menjabat presiden. Berbagai prestasi yang dicapai akan ditampilkan.

Direktur Museum dan Galeri Seni SBY-ANI Ossy Dermawan optimistis museum tersebut bisa menjadi wahana pendidikan. Banyak materi yang bisa menginspirasi masyarakat Indonesia. ”Kami berharap pembangunan museum ini berjalan lancar,” katanya.(riq/c10/oni)

Update