Selasa, 19 Maret 2024

Pemerintah Segera Evakuasi WNI dari Kapal Diamond Princess

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah berencana untuk menjemput atau mengevakuasi WNI yang bekerja sebagai kru di kapal pesiar Diamond Princess yang bersandar di Yokohama, Jepang. Terkait hal itu, Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman, mengatakan bahwa evakuasi kemanusiaan tahap dua dari Yokohama akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

Evakuasi WNI dilakukan setelah pemerintah menggelar rapat teknis dengan Kementerian/Lembaga terkait di dalam negeri dan dengan Pemerintah Jepang khususnya di luar negeri. Sesuai Instruksi Presiden (Inpers) No.4/2019, evakuasi kemanusiaan dan gotong royong kemanusiaan akan dikoordinasikan oleh dua Menteri Koordinator (Menko) yakni Menko Politik Hukum dan Keamanan serta Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Presiden Joko Widodo menurut Fadjroel terus menerima laporan terakhir tentang keadaan WNI di Yokohama dan memerintahkan semua pihak di dalam negeri untuk mempersiapkan evakuasi kemanusiaan tahap dua tersebut sebaik mungkin.

“Presiden juga memerintahkan Kemenlu dan KBRI untuk terus memantau dan berkomunikasi dengan 78 WNI serta menyelesaikan semua prosedur evakuasi kemanusiaan tahap dua dari Yokohama ke Indonesia kepada pihak Pemerintah dan otoritas lainnya di Jepang,” ungkap Fadjroel.

Berdasar informasi dari Kedutaan Besar RI (KBRI) di Tokyo, Jepang, dan Kemenlu, WNI yang berada di kapal pesiar Diamond Princess berjumlah 78 orang. Sebanyak 74 orang dinyatakan sehat. Sedangkan empat WNI dinyatakan positif terjangkit virus Korona dan telah dirawat di rumah sakit di Jepang dengan standar protokol WHO.

“Evakuasi kemanusiaan dan gotong royong Kemanusiaan ini membuktikan bahwa Pemerintah yang dipimpin Presiden Joko Widodo berhasil menumbuhkan perasaan saling percaya, saling bahu membahu bergotong royong dalam menyelesaikan masalah kebangsaan, sosial, dan kemanusiaan bersama-sama,” ujar Fadjroel.

Sebelumnya, pemerintah telah melakukan evakuasi kemanusiaan tahap pertama terhadap 238 WNI dari Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. WNI dari Wuhan itu sudah kembali pulang ke rumah masing-masing usai menjalani karantina atau observasi di Natuna selama 14 hari.(antara)

Update