Jumat, 29 Maret 2024

Puskesmas Mentarau Resmi Beroperasi

Berita Terkait

batampos.co.id – Setelah merampungkan tahap akhir pembangunan, Puskesmas Mentarau akhirnya resmi beroperasi dan membuka pelayanan kesehatan bagi masyarakat Batam.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan puskes-mas akan beroperasi sama seperti puskesmas lainnya. Sebanyak 20 tenaga medis akan bertugas melayani pengobatan pasien.

Ia menyebutkan, poli umum menjadi layanan pertama yang dibuka. Sedangkan untuk poli anak hingga gigi, akan menyesuaikan. Menurutnya, karena puskesmas baru, jadi tenaga medis belum terlalu lengkap.

Sementara ini, puskesmas hanya beroperasi pada jam normal dan tidak membuka pelayanan 24 jam. Hal ini karena petugas belum ada, pihaknya masih meminjam tenaga medis dari puskesmas lainnya.

ā€Bertahap akan terus ditingkatkan. Saat ini yang penting puskesmas aktif dulu. Jadi pelayanan di hari biasa sudah bisa jalan. Tinggal yang malam belum. Namun kami upayakan secepatnya bisa berjalan,ā€ sebutnya.

f. Yulitavia/Batam Pos
Bangunan Puskesmas Mentarau di Tiban, Sekupang, yang telah resmi beroperasi dan melayani pasien, Jumat (21/2).

Puskesmas Mentarau merupakan puskesmas ke-21 di Batam yang dibangun menggunakan APBN tahun 2019 lalu. Pemerintah pusat menggelontorkan anggaran Rp 5 miliar lebih untuk merampungkan gedung tiga lantai ini.

ā€Alhamdulillah, dengan bertambahnya layanan ini semoga masyarakat semakin terbantu,ā€ sebutnya.

Selama ini, masyarakat Tiban Indah dan Tiban Lama berobat ke Puskesmas Tiban Baru. Ke depan, dengan keberadaan puskesmas baru ini, diharapkan bisa memecah jumlah pasien di Tiban Baru.

ā€Di sana cukup ramai. Hal yang sama terjadi juga di Sekupang. Jadi kalau fasilitas sudah bertambah, masyarakat semakin mudah mendapatkan pelaya-nan kesehatan,ā€ bebernya.

Didi mengakui, fasilitas kesehatan kelas dua sudah cukup terbantu dengan keberadaan klinik swasta. Namun, pemerintah tetap wajib menyediakan pusat kesehatan sendiri, salah satunya melalui puskesmas ini.

ā€Kebutuhan terus bertambah seiring berkembangnya jumlah penduduk. Jadi masih butuh pastinya ke depan. Mudah-mudahan pusat bisa bantu lagi nanti,ā€ tutupnya.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengatakan bangunan model baru diharapkan bisa memberikan suasana baru bagi masyarakat. Ke depan, Pemko Batam berharap dapat meningkatkan kualitas dokter dan tenaga medis lainnya.

ā€Kalau bisa berobat di sini saja, tidak keluar lagi. Untuk itu, kami berupaya dari level puskesmas dulu, nanti berlanjut ke tahap berikutnya,ā€ ujarnya. (yui)

Update