Sabtu, 20 April 2024

JCH Mulai Pembuatan Paspor Haji

Berita Terkait

batampos.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) Batam mulai proses pembuatan paspor bagi Jemaah Calon Haji (JCH) yang akan berangkat tahun ini. Hal ini disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Ibadah Haji dan Umrah, Amanuddin, Sabtu (22/2/2020).

“Hari ini (kemarin, red) sudah mulai proses pembuatan,” kata dia.

Ia mengungkapkan proses pembuatan akan dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas 1 Batam. Menurutnya beberapa JCH sudah memiliki paspor. Untuk itu perekaman ini hanya bagi JCH yang belum memiliki paspor.

“Kemarin sudah didata. Ternyata jumlah yang punya paspor sudah banyak. Hal ini akan memudahkan dan memangkas waktu pembuatan paspor pastinya. Sebab jumlahnya tidak terlalu banyak,” sebutnya.

Pembuatan paspor ini meru-pakan rangkaian tahapan yang harus dipenuhi JCH jelang keberangkatan Juli mendatang. Hingga kini jumlah JCH yang akan diberangkatkan masih sama dengan tahun lalu yaitu 625 JCH.

“Belum ada perubahan. Nanti kalau ada penambahan, itu di pusat dan kanwil. Nanti mereka yang petakan berapa kuota tambahan masing-masing daerah. Itu jika ada penambahan,” ungkapnya.

Selanjutnya, JCH yang sudah dinyatakan berangkat tahun ini, akan melanjutkan tahap pelunasan biaya haji. Sebelumnya JCH sudah membayar Rp 25 juta. Mengenai ongkos haji hingga kini masih sama dengan tahun lalu lebih kurang Rp 35 juta.

“Sekarang masih tahap pembuatan paspor dulu. Nanti bertahap semua akan diselesaikan. Mudah-mudahan prosesnya lancar hingga keberangkatan nanti. Dan harapannya tahun ini tidak ada kendala mulai dari keberangkatan hingga para jemaah kembali ke tanah air,” tambah Amanuddin.

Sebelumnya, Kemenag Provinsi Kepri sudah menandatangani kesepakatan bersama Imigrasi Kepri untuk kemudahan dalam membantu JCH mendapatkan pelayanan. Pembuatan paspor juga akan jemput bola demi memudahkan JCH. Aminuddin berharap semua JCH sudah menyiapkan semua persyaratan pembuatan paspor. (yui)

Update