batampos.co.id – Masyarakat Peduli Perbatasan Indonesia (MPPI) Pusat, kembali berkunjung ke Pulau Bunguran, Natuna, Kepulauan Riau.

“Kunjungan ini bertujuan untuk melihat dari dekat kondisi riil wilayah dan masyarakat perbatasan, terdepan dan terluar di Kepulauan Natuna,” kata Ketua Tim, Pupung di Ranai,” Sabtu, (22/2/2020).

Pada kesempatan itu, MPPI menyambangi beberapa kecamatan dan desa di Kabupaten Natuna.

Tim lanjutnya, meninjau Puskesmas, Sekolah, dan melihat secara langsung kondisi sosial masyarakat nelayan dan pemuda setempat.

“Kita tidak hanya sekedar berkunjung dan melihat saja, kita juga ikut langsung bersama masyarakat melakukan kegiatan olah raga bersama, itu semua untuk mengajak masyarakat hidup sehat,” ujarnya.

Tim MPPI Pusat berfoto bersama saat melakukan,kunjungan ke Pulau Bunguran, Natuna, Kepulauan Riau. Foto: Cherman untuk batampos.co.id

Pada kesempatan itu, MPPI juga memberikan bantuan berupa bendera, peralatan sekolah, bola, baju olahraga dan peralatan kesehatan untuk Puskesmas Tanjung, Desa Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Natuna.

“Kita coba membatu seadanya, mudah-mudahan bermanfaat, kita juga mengajak semua elemen masyarajat perbatasan selalu mencintai tanah air demi memperkuat NKRI dengan selalu hidup sehat,” kata Pupung.

Kedatangan Pupung bersama Tim MPPI Pusat ke Pulau Natuna disambut baik oleh warga setempat. Tim MPPI juga berdiskusi banyak hal terkait pembangunan Natuna.

“Alhamdulillah, kegiatan yang kami gelar ini sangat diapresiasi dan disambut antusias oleh Pemerintah Desa dan masyarakat setempat,” jelasnya.

Menurut Pupung, MPPI hadir di daerah perbatasan sebagai penyambung lidah rakyat.

Hal ini selaras dengan program Nawacita Jokowi untuk membangun wilayah terdepan dan terluar.

MPPI juga siap menampung semua aspirasi warga perbatasan dan tentunya akan dikoordinasikan kepada intansi terkait untuk ditindaklanjuti.

“Karenanya, kami berharap ketika kami turun ke lapangan banyak yang disampaikan baik dari para guru, tenaga kesehatan, nelayan dan para pemuda setempat,” harapnya.

Ia juga mengatakan bahwa kedatangan tim MPPI ke perbatasan bertujuan untuk memupuk dan memperkokoh rasa nasionalisme.

Kepala Puskesmas Tanjung, Zainuddin, menyampaikan rasa terimakasihnya atas kesediaan Tim MPPI berkunjung ke Puskesmas mereka.

Menurutnya, kegiatan ini sangat positif dan penting bagi mereka, karena bisa menjadi wadah untuk mengkoordinasikan aspirasi ke instansi terkait.

Hal senada juga disampiakn oleh Boy, Nelayan Desa Sepempang.

Ia mengatakan kehadiran Tim MPPI memberikan pencerahan bagi mereka.

“Terima kasih telah berkunjung di tempat kami, berbagi ilmu, silaturahmi, jika ada waktu sila datang lagi nanti,” katanya.(*)