batampos.co.id – Ganda putri nomor satu Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil meraih gelar keduanya tahun ini. Tadi malam (23/2), Greysia/Apriyani menjadi kampiun Barcelona Spain Masters 2020.

Gelar pertama ganda nomor delapan dunia itu lahir pada ajang Indonesia Masters 2020. Sama dengan kemenangan di Indonesia, gelar juara di Spanyol ini tidak diraih dengan mudah.

Greysia/Apriyani susah payah mengalahkan ganda Bulgaria Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva. Laga berjalan sangat ketat dengan skor 18-21, 22-20, dan 21-17. Greysia/Apriyani menyelesaikan pertandingan dalam tempo 1 jam dan 36 menit.

Pertandingan di Vall d’Hebron Olympic Sports Center, Barcelona tersebut, menjadi pertemuan kelima bagi kedua pasangan. Hasilnya, jika digabung dengan laga ini, Greysia/Apriyani meraih empat kemenangan secara beruntun.

Gabriela/Stefani saat ini menempati posisi ke-14 dunia. Mereka adalah ganda putri Eropa dengan ranking terbaik saat ini. Artinya, memang tidak mudah mengalahkan mereka.

“Semoga di babak final ini permainan kami bisa lebih baik dari babak sebelumnya. Semoga kami tidak mengulangi kesalahan seperti di game pertama tadi,” kata Apriyani sebelum pertandingan seperti dikutip dari siaran pers PP PBSI.

Namun yang terjadi malah sebaliknya. Greysia/Apriyani banyak melakukan kesalahan dan kalah pada game pertama. Greysia/Apriyani lantas di ambang tumbang pada game kedua. Stoeva bersaudara, sudah berada dalam kondisi match point pada posisi 20-19.

Kondisi tidak menguntungkan karena Greysia sempat dua kali mendapatkan perawatan karena jari di tangan kanannya berdarah. Bahkan, petugas kebersihan sampai cukup lama membersihkan lantai lapangan karena tetesan darah Greysia.

Yang harus dipuji, walau dalam situasi kritis tersebut, Greysia/Apriyani sukses mencetak tiga angka beruntun, merebut game kedua, dan memaksakan adanya babak penentuan.

Pada game ketiga, Greysia/Apriyani sempat tertinggal 9-13. Namun, mereka berhasil menyamakan kedudukan pada situasi 15-15, lalu menikung dalam kondisi 17-15, dan akhirnya melaju untuk memenangkan pertandingan.

“Pasangan Bulgaria ini main bagus, serangan mereka juga kuat. Kami sempat keteteran sampai di game kedua. Kami mau menyerang juga defensenya susah ditembus. Akhirnya kami mau nggak mau harus tahan sampai lawan bisa mati sendiri,” kata Greysia dikutip dari siaran pers PP PBSI.

Barcelona Spain Masters adalah turnamen berlevel Super 300. Ajang ini menyediakan total hadiah USD 170 ribu (sekitar Rp 2,3 miliar).

Setelah ajang ini, Greysia/Apriyani akan berlaga pada turnamen tertua di dunia All England 2020. Pada babak pertama, mereka akan berhadapan dengan ganda Korea Selatan Chang Ye-na/Kim Hye-rin.(jpg)