batampos.co.id – Dapur rumah makan di Batam mendapat perhatian langsung Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Ia mewanti-wanti semua restoran, baik yang besar dan kecil harus memperhatikan kebersihan dapur.

Karena kata dia, hal itu akan berpengaruh pada laik sehat restoran yang bersangkutan. Bahkan ia mengaku, sesekali akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke restoran.

“Kita ini sedang kembangkan pariwisata, ini harus diperhatikan. Saya akan turun langsung periksa,” kata Rudi, Kamis (20/2/2020) lalu.

Sejatinya, sertifikasi laik sehat bagi restoran sudah berjalan sejak tahun lalu dan sudah berjalan. Namun Rudi mengatakan akan memperkuat kembali tim laik sehat.

“Tidak hanya Dinas Kesehatan yang berjalan, Disbudpar sebagai leading sector dan Satpol PP juga harus ada,” jelasnya.

“Edukasi ke restoran, bukan hanya yang besar tapi yang kecil juga, tapi jangan tindak dulu, edukasi yang dikedepankan,” papar dia lagi.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, saat meninjau dapur salah satu restoran di Kota Batam. Foto: Cecep Mulyana /batampos.co.id 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi menyebutkan, program ini sempat berjalan tahun lalu.

Dinkes lanjutnya bersama Disbudpar yang saat itu dipimpin Pebrialin sudah melakukan sertifikasi pada 170 restoran.

“Namun saat ada pergantian kepala di Disbudpar (kini dipimpin Ardiwinata) terhenti. Tapi bukan berarti ini tak lanjut, yang besar-besar sudah kami selesaikan, selanjutnya kami akan koorrdinasikan kembali dengan Disbudpar,” ujar Didi.(iza)