Jumat, 19 April 2024

Tingkatkan Kapasitas Relawan, MRI-ACT Kepri Adakan “Volunteer Class”

Berita Terkait

Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Wilayah Kepri kembali menggelar kegiatan Volunteer Class dengan tema “Penanganan Pertama pada Kecelakaan (P3K)” setelah sebelumnya berhasil menyelenggarakan Volunteer Class dengan materi pemadaman api ringan. Acara yang diselenggarakan untuk peningkatan kapasitas Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) ini dilaksanakan pada hari Minggu, 23 Februari 2020 di Kantor ACT MRI Kepri, Komplek Khazanah, Sukajadi, Kota Batam.

Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Guntar Saftawan selaku ketua MRI Kepri. “Harapannya selain menambah wawasan, lebih kepada spesifikasi keahlian relawan, dan juga menarik minat bakat relawan yang akan bergabung di class medis. Sehingga dapat membentuk relawan yang profesional, tangguh, dan selalu siap siaga dalam kondisi apapun” ungkap beliau.

Dengan diikuti oleh 23 Relawan dan segenap pengurus MRI. Volunteer Class kali ini menghadirkan pemateri yakni Kak Adiyanto sebagai Instruktur dari PMI Kota Batam.

Dalam VC kali ini selain memberikan motivasi, pemateri juga mengupas teknik Penatalaksanaan Pertolongan Pertama. Karrena menjadi seorang Relawan, pemahaman tentang pertolongan pertama sangatlah penting. Banyak terjadi kecelakaan atau kejadian yang menyebabkan korban meninggal di perjalanan atau saat menunggu pertolongan, di karenakan tidak ada tindakan yang cepat dan tepat.

“Korban tidak cukup hanya sekedar evakuasi, dia butuh tindakan yang tepat. kita tidak bicara takdir tapi ketika ada kasus Emergency apa yang harus kita lakukan? Karena ini berbicara tentang harapan hidup seseorang” ungkap kak Adi memotivasi para Relawan

Usai pemaparan materi, di lanjutkan dengan Praktek Pertolongan Pertama mulai dari Pemeriksaan Fisik , Teknik Kompresi, penggunaan perban, teknik menggeser, memindahkan dan mengangkat korban.
Pembicara pun memberikan waktu kepada peserta untuk Sharing Session.

Alhamdulillah, acara berjalan dengan lancar.
Kegiatan VC kali ini dibuat sangat ringan, menarik, dan asyik sehingga para Relawan jadi bersemangat dan dapat memahami bahwa dunia relawan itu sangat menarik.

Update