Kamis, 28 Maret 2024

Kabar Gembira! Menteri Keuangan Tambah Dana Kartu Sembako Jadi Rp 200 Ribu

Berita Terkait

batampos.co.id – Kementerian Keuangan (Kemekeu) sudah mengeluarkan berbagai insentif sebagai upaya menggenjot perekonomian nasional ditengah tekanan global. Salah satunya sektor konsumsi melalui kartu sembako.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, pihaknya tidak ingin ekonomi ikut turun akibat kondisi global yang makin tidak pasti, terutama akibat penyebaran virus Korona. Ia menyebut, pihaknya melakukan penambahan anggaran pada kartu sembako dengan tujuan untuk meningkatkan konsumsi masyarakat yang sempat turun pada kuartal IV-2019 yang sebesar 5 persen.

“Kita berikan tambahan kartu sembako yang Rp 150 ribu per kartu penerima jadi Rp 200 ribu. Ada kenaikan Rp 50 ribu per kartu penerima,” ujarnya di Ritz Carlton Pasific Place Jakarta, Rabu (26/2).

Menurutnya, dalam menyikapi tantangan pelemahan ekonomi global pemerintah tidak akan memotong anggaran. “Dalam kebijakan sikap, harus countercyclical. Kalau ekonomi lemah, saya tidak boleh lemah,” ucapnya.

Penambahan anggaran tersebut, kata Sri Mulyani, akan diberikan pemerintah selama 6 bulan ke depan yang dimulai pada Maret 2020 mendatang. Dengan demikian, akan ada penambahan anggaran sebesar Rp 4,56 triliun.

Ia menjabarkan, pada tahun ini anggaran kartu sembako tercatat Rp 27,36 triliun untuk 15,2 juta penerima. Lalu, dengan penambahan Rp 4,56 triliun tersebut, maka total anggaran kartu sembako menjadi Rp 31,92 triliun.(jpg)

Update