Jumat, 26 April 2024

Pemerintah Bakal Bayar Influencer Rp 72 Miliar, Ini Tanggapan DPR

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah mewacanakan membayar influencer ‎sebesar Rp 72 miliar untuk meningkatkan gairah wisatawan berkunjung ke Indonesia. Pasalnya, industri wisata di Indonesia menurun akibat Virus Korona.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi XI DPR Hendrawan Supratikno mengatakan, pemerintah boleh saja memiliki wacana seperti itu. Namun harus dihitung dengan matang. Karena anggaran tersebut diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Semua harus terukur di tengah kesulitan APBN dan harapan meningkatkan kualitas belanja,” ujar H‎endrawan saat dihubungi, Rabu (26/2).

Menurut Hendrawan jika anggaran Rp 72 miliar ini tidak dilakukan secara terukur. Maka nantinya bisa timbul persepsi buruk dari masyarakat mengenai anggaran yang digunakan untuk influencer‎ tersebut.

“Karena bila tidak sesuai harapan, maka insentif tersebut bisa dipersepsi sebagai langkah yang kurang bermakna,” katanya.

Diketahui, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, ‎pemerintah berencana mengucurkan dana untuk media dan influencer sebesar Rp 72 miliar dalam rangka promosi wisata.

Airlangga menjelaskan, anggaran Rp 72 miliar itu bagian dari insentif untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp 298,5 miliar. Rinciannya untuk subsidi diskon tiket pesawat Rp 98,5 miliar, anggaran promosi Rp 103 miliar, kegiatan kepariwisataan sebesar Rp 25 miliar, hingga menggunakan jasa pemengaruh.

Menurut Airlangga, secara total pemerintah akan menggelontorkan dana hampir Rp 10 triliun dalam rangka mengantisipasi dampak Virus Korona pada perekonomian Indonesia.

Dana ini akan disalurkan lewat sejumlah kebijakan seperti kartu prakerja, meningkatkan dana PKH, insentif perumahan dan pariwisata, diskon avtur, subsidi tiket pesawat, hingga menghilangkan pajak hotel dan restoran di sepuluh destinasi wisata.(jpg)

Update