Selasa, 19 Maret 2024

Pulau Sebaru Jadi Tempat Observasi 188 WNI

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memulai proses sterilisasi lokasi observasi 188 warga negara Indonesia (WNI) di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

“Lokasi sudah steril dari segala aktivitas yang tidak berhubungan dengan proses observasi,” kata Husein dihubungi Antara di Jakarta, Selasa.

Husein menyatakan pihaknya sebagai pemerintah daerah hanya sebatas memberikan penjelasan yang benar kepada masyarakat, bahwa proses observasi itu tidak mengangu masyarakat. “Lokasi observasi letaknya strategis jauh dari pulau pemukiman dan dikelilingi pulau kosong. Ini keputusan negara demi keselamatan warga,” jelas Husein.

Husein Murad mengklaim warga Kepulauan Seribu siap menerima kedatangan warga negara Indonesia (WNI) yang akan diobservasi di Pulau Sebaru, Kelurahan Pulau Kelapa. “Tugas saya untuk menyosialisasikan kepada masyarakat dan semuanya telah paham untuk rencana observasi tersebut,” kata Husein dilansir Antara, Selasa.

Husein mengatakan, dirinya bersama instansi teknis terkait, baru selesai melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Kantor Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Pengamanan Pulau Sebaru telah dilakukan beberapa hari sebelumnya, yang dibagi beberapa zona.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putrano menyebutkan sebanyak 188 WNI bekerja di kapal pesiar World Dream akan diobservasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Para WNI itu saat ini masih berada di perairan internasional dekat Bintan, Kepulauan Riau karena ditolak bersandar di seluruh negara termasuk Indonesia.

Hasil pemeriksaan kesehatan ekstensif berikut suhu tubuh itu menunjukkan bahwa seluruh kru WNI terbebas dari virus corona, demikian pula seluruh penumpang kapal yang telah meninggalkan kapal pada pelayaran terakhir pada 9 Februari 2020 dari Hong Kong.(antara)

Update