Jumat, 26 April 2024

Puskesmas Siapkan Fasilitas Ramah Anak

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam menghadirkan fasilitas pendukung di semua puskesmas yang ada saat ini. Tidak saja untuk pelayanan kesehatan, puskesmas juga menyediakan arena permainan bagi anak.

”Iya, ini salah satu persyaratan dalam akreditasi. Jadi, puskesmas wajib menyediakan arena bermain bagi anak di puskesmas,” kata Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmarjadi, Selasa (25/2/2020).

Fasilitas ini bisa dimanfaatkan bagi anak, ketika orangtua sedang mendapatkan pelayanan medis. Arena permainan menyediakan berbagai alat permainan untuk anak.

”Sejauh ini cukup efektif dan bermanfaat. Karena tidak sedikit orangtua yang membawa anaknya serta ke puskesmas. Jadi mereka bisa titip di arena permainan tersebut,” terangnya.

Didi menyebutkan, beberapa puskesmas yang sudah akreditasi, pasti punya fasilitas tersebut. Seperti, Puskesmas Sekupang, Tiban Baru, Seipanas dan yang terbaru, Mentarau. Fasilitas ini juga mendukung Batam sebagai kota ramah anak.

Ia menargetkan, semua puskesmas memiliki arena bermain ini. Untuk saat ini, memang belum semua puskesmas menjalani akreditasi. Karena ada penambahan setiap tahunnya. Bertahap, semua puskesmas akan akreditas dan fasilitas pendukung bisa dinikmati warga yang datang berobat.

Tahun depan, lanjutnya, Pemko akan kembali mengusulkan penambahan puskesmas. Rencananya, pembangunan akan dipusatkan di Tembesi, Sagulung. Penambahan fasilitas terus diupayakan. Sebab, tahun ini pihaknya sedang menyiapkan peningkatan fasilitas Puskesmas Jabi, menjadi rumah sakit tipe D.

”Penambahan ini untuk mendukung ketersediaan pelayanan kesehatan oleh pemerintah tentunya,” tutup mantan Dirut RSUP Bintan ini. (yui)

Update