Rabu, 17 April 2024

Curhat Pilu Pramugari Malaysia, Dipecat karena Kelebihan Berat Badan 700 Gram

Berita Terkait

INA Meliesa Hassim tak pernah menyangka bahwa kelebihan berat badan 700 gram menjadi momok mena-kutkan bagi karirnya sebagai seorang pramugari. Akibat kelebihan berat badan yang kurang dari satu kilogram tersebut, ia dipecat dari maskapai tempat ia bekerja, Malaysia Airlines.

”Tak ada pertimbangan perusahaan atas lama kerja. Langsung main pecat,” ungkapnya seperti dilansir dari Channel News Asia, Selasa (25/2) lalu.

Menurutnya, pemecatan di 10 April 2017 lalu itu tak adil. Mengingat, dia sudah 25 tahun mengabdikan diri di perusahaan tersebut. Kala itu, Ina memiliki tinggi 160 cm dan berat 61,7 kg.

ilustrasi

Dia mengisahkan, kala itu ada aturan baru perusahaan, yang menyebutkan bahwa berat badan pramugari tak boleh lebih dari batas 61 kilogram. Dia pun harus berjuang menurunkan berat badannya. Namun selama 18 bulan, Ina Meliesa tidak dapat memenuhi persyaratan berat badannya, dan karena alasan itu, maskapai memecatnya.

Tak terima atas pemecatan itu, Ina menggugat Malaysia Airlines. Kala itu, ia mendapat dukungan dari Nufam atau Persatunan Nasional Petugas Penerbangan Malaysia. Prosesnya di Pengadilan Industri cukup lama, hingga akhirnya Rabu (12/2) lalu, Pengadilan Industri Malaysia memutuskan memenangkan Malaysia Airlines dan Ina harus menanggung kekalahan karena pemecatan yang tidak adil berdasarkan hukum pengangguran Malaysia.Ia pun membagikan kisahnya ini, dan menjadi viral ke seluruh dunia.

Setelah viral, Ketua Pengadilan Industri Kerajaan Malaysia, Syed Noh Said Nazir, mengatakan bahwa maskapai penerbangan telah memberikan kesempatan kepada Ina untuk mengurangi berat badan sesuai dengan keseimbangan probabilitas perusahaan.
Sementara itu, dilansir dari The Independent, berat badan Ina tak mengalami penurunan karena bagian indeks massa tubuhnya tidak berada dalam kisaran berat badan yang sehat.

Maka, untuk mempertahankan citranya sebagai maskapai premium, Malaysia Airlines memberlakukan aturan manajemen berat badan untuk anggota kru pada tahun 2015. (cha)

Update