Rabu, 24 April 2024

Penyebab Tagihan Air Naik Dua Kali Lipat

Berita Terkait

batampos.co.id – Hingga saat ini PT ATB belum ada menaikkan tarif air bersih sejak sembilan tahun lalu atau tepatnya pada 2011 lalu.

Public Relations (PR) & Media ATB, Wijanarko Iksa, menjelaskan, ada beberapa faktor penyebab tagihan air tinggi oleh beberapa pelanggan.

Seorang anak warga Bengkong Laut tengah membuka keran untuk mengambil air di siang hari. Pasca pekerjaan penguatan jaringan pipa distribusi yang dilakukan ATB, warga Bengkong Laut sudah dapat menikmati air lebih lama. Foto: ATB untuk batampos.co.id
  1. Terdapatnya kebocoran dalam jaringan pipa rumah pelanggan yang tidak terdeteksi      yang masuk ke dalam tagihan pelanggan.
  2. Pemakaian air yang lebih banyak dari bulan sebelumnya dapat menyebabkan                kenaikan pada tagihan air pelanggan. Penggunaan air menjadi berlebih dari                  sebelumnya ketika kedatangan kerabat yang berkunjung ke rumah atau sedang            merenovasi rumah.
  3. Tagihan air membengkak pada suatu rumah tangga juga dapat disebabkan karena        kebiasaan dalam menggunakan air. Bisa saja keluarga yang lebih banyak anggota        keluarganya lebih bijak menggunakan air bersih, dibandingkan dengan keluarga          yang memiliki anggota keluarga yang lebih sedikit.

“Untuk informasi lebih lengkap bisa datang langsung ke kantor pelayanan ATB untuk dilakukan pengecekan. Namun, kami berharap pelanggan dapat lebih bijak dalam menggunakan air,” ujarnya.

Sehingga tagihan yang dibayarkan akan lebih sedikit, jika pelanggan dapat menggunakan air dengan lebih hemat.

Dengan itu, kita juga dapat bersama-sama menjaga ketersediaan air baku yang terbatas di kota Batam.(she)

Update