batampos.co.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam menyiapkan tiga unit bus Trans Batam sebagai cadangan. Bus-bus ini dapat digunakan saat terjadi lonjakan penumpang di hari tertentu.

“Misalnya hari libur atau terjadi lonjakan penumpang. Bus ini stand by (siap) untuk dijalankan di jalur yang padat,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Rustam Efendi, di Sekupang, kemarin.

Selain untuk membantu operasional di hari-hari padat, bus ini juga siap menggantikan posisi bus lain yang mengalami kerusakan. Apabila kerusakannya membutuhkan waktu lama untuk perbaikan, bus-bus ini yang akan mengisi jalur tersebut.

“Tiga bus ini merupakan kelebihan dari yang kita serahkan ke operator. Karena alokasinya juga kita sesuaikan dengan kebutuhan di jalur masing-masing. Jadi kita simpan,” ujarnya.
Menurut Rustam, bus ini tidak untuk disewakan. Tapi bisa dipinjampakaikan untuk kepentingan sosial kemasyarakatan.

“Sekarang kita sedang koordinasi dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) untuk menyusun Perwako tentang pemanfaatan aset Trans Batam ini. Misalnya, badan bus untuk iklan, atau iklan video di dalam bus karena sebagian bus juga dilengkapi televisi. Hasilnya bisa dimasukkan semua sebagai PAD Kota Batam,” papar Rustam. (*)