batampos.co.id – Xiaomi telah mengajukan permohonan paten desain ke Asosiasi Kekayaan Intelektual Tiongkok (CNIPA). Paten yang pertama kali diungkap oleh blog India 91Mobiles tersebut menyebut Xiaomi mungkin mengerjakan sesuatu yang spektakuler dan menarik.

Paten menunjuk ke desain baru untuk aksesori yang akan mengisi daya earbud nirkabel menggunakan smartphone. Solusinya akan memanfaatkan fitur pengisian balik atau reverse charging smartphone, namun sepenuhnya nirkabel.

“Produk desain penampilan ini adalah aksesori ponsel, yang dapat dipasang di ponsel, digunakan untuk menyimpan earphone, dan mengisi daya headset,” demikian bunyi deskripsi yang menyertai paten.

Dari uraian tersebut, kita dapat mengetahui bahwa perangkat akan menjadi tempat atau casing smartphone dengan tempat penyimpanan di bagian belakang yang dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan untuk sepasang earbud.

Casing ini juga dapat digunakan untuk mengisi ulang earbud saat berada di dalamnya. Satu-satunya cara ini bisa terjadi adalah melalui pengisian nirkabel terbalik.

Saat ini, tidak ada ponsel Xiaomi yang mendukung fungsi seperti itu. Jadi, perangkat tersebut belum akan dirilis saat ini. Skenario yang mungkin terjadi adalah perusahaan akan merilis smartphone dengan dukungan pengisian terbalik serta earbud yang mendukung pengisian nirkabel pada masa mendatang.

Jika paten itu benar-benar diwujudkan, memang akan terlihat sangat aneh. Akan ada semacam punuk di belakang tempat earbud akan ditempatkan. Akan sulit untuk bergerak dengan telepon dengan tonjolan seperti itu.

Hanya saja, ada kemungkinan kantong yang bisa dilepas dan dikenakan kembali ketika ada kebutuhan untuk mengisi ulang earbud yang selalu terpasang di telinga. Di sisi lain, ini baru sebuah paten dan mungkin belum akan menyentuh fase produksi nyata dalam waktu dekat.(jpg)