Rabu, 17 April 2024

Singapura Gratiskan Warganya Masuk Kolam Renang dan Pusat Kebugaran

Berita Terkait

batampos.co.id – Warga Singapura yang berusia 65 tahun ke atas akan dapat menggunakan semua kolam renang umum dan pusat kebugaran secara gratis mulai bulan depan. Kabar menggembirakan ini diumumkan pada Jumat (6/3/2020).

“Tidak melupakan mereka yang kurang muda, kami akan memastikan setiap orang memiliki kesempatan untuk menjalani kehidupan yang penuh dan aktif,” kata Menteri Kebudayaan, Komunitas dan, Pemuda Grace Fu dalam pidatonya, Jumat (6/3).

“Pada tahun 2030, 1 dari 4 warga Singapura akan berada pada atau di atas usia 65, dan kita akan memiliki 900.000 manula. Olahraga dan aktivitas fisik memungkinkan manula kita untuk mempertahankan kesehatan dan mobilitas mereka lebih lama, dan terus terlibat dalam komunitas,” jelas dia seperti dilansir Channel News Asia.

“Mulai tahun ini, kami akan membuat gym dan kolam renang umum gratis untuk semua warga Singapura berusia 65 tahun ke atas. Kami akan meninjau kriteria usia dari waktu ke waktu, sesuai dengan tren dan harapan hidup orang Singapura.”

ActiveSG juga akan menggelar program di kolam renang dan pusat kebugaran tersebut untuk meningkatkan kebugaran fungsional warga senior. “Gym yang ada juga semakin diperlengkapi dengan peralatan ramah-senior”, kata Kementerian Kebudayaan, Komunitas dan Pemuda (MCCY). Ini diharapkan selesai pada 2026.

Saat ini, lanjut dia, warga lanjut usia membayar 0,50 Dolar Singapura pada hari kerja dan 0,60 Dolar Singapura pada akhir pekan (termasuk hari libur nasional) untuk masuk ke kolam ActiveSG konvensional. Mereka membayar biaya masuk 1,50 Dolar Singapura ke pusat kebugaran.

Selain itu, akan ada tiga fasilitas Sport-in-Precinct baru di Sengkang Selatan, Pasir Ris Timur dan Dover, kata Fu. Langkah ini akan mencapai target kementerian dari 20 proyek Sport-in-Precinct pada tahun ini.(uma)

Update