batampos.co.id – Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais tampaknya benar-benar tersingkir dari kepengurusan periode 2020-2025. Dari struktur sementara yang beredar, mantan ketua MPR itu tidak masuk dalam jajaran elit partai. Jabatannya sebagai ketua dewan kehormatan di periode sebelumnya kini digantikan oleh Soetrisno Bachir.

Informasi tersebut disampaikan langsung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat bertandang ke kantor DPP Nasdem di Gondangdia, Jakarta Pusat, kemarin (10/3). ”Mas Tris (Soetrisno Bachir, red) sebagai ketua dewan kehormatan,” ungkap Zulkifli Hasan.

Lalu bagaimana dengan posisi Amien Rais? Zulhas hanya menjawab diplomatis. ”Pak Amien selalu spesial di PAN,” kilahnya. Namun saat ditanya terkait jabatan resmi besannya di dalam struktur DPP, wakil ketua MPR itu memilih tidak menjawab.

Zulhas justru membocorkan sejumlah nama di jajaran kepengurusan. Eddy Soeparno, misalnya dipastikan tetap menjabat sebagai sekretaris jenderal (sekjen). Sedang ketua badan pemenangan pemilu (Bappilu) dipimpin Yandri Susanto. Dua nama tersebut memang dikenal loyalis Zulhas dalam kongres PAN Februari lalu.

Loyalis Zulhas yang juga masuk jajaran elit adalah Totok Daryanto. Sumber terpercaya Jawa Pos (grup Batam Pos Online) di internal PAN menyebut Totok didapuk sebagai bendahara umum. Sedang Viva Yoga Mauladi menjabat wakil ketua umum (waketum). Nama lain yang juga masuk jajaran waketum PAN adalah Asman Abnur dan Nasrullah. Asman Abnur adalah salah satu calon ketua umum tapi kemudian mundur dan memilih mendukung Zulhas. (mar/jpg)