batampos.oc.id – Sejumlah pejabat negara terpapar virus Korona jenis baru atau COVID-19. Teranyar adalah Menteri Kesehatan Inggris, Nadine Dorries. Menkes yang berusia 62 tahun itu dikabarkan mengalami gejala demam, pilek, dan batuk pada Kamis (5/3). Dia kemudian menjalani pemeriksaan dan dites. Hasilnya, pada Selasa (10/3), Dorries dinyatakan positif virus Korona.

Begitu hasilnya positif, Dorries langsung menjalani karantina secara mandiri dan mendapat perawatan. Dorries mengaku segera melakukan semua tindakan pencegahan begitu tahu diagnosis menunjukkan dirinya positif virus Korona.

“Otoritas Inggris mulai melacak kontak secara rinci dan departemen serta kantor parlemen saya mengikuti dengan saksama imbauan mereka,” pernyataan Dorries yang dirilis melalui Departemen Kesehatan Inggris seperti dilansir Reuters.

The Times melaporkan bahwa Dorries bertemu dengan ratusan orang di Parlemen dalam sepekan terakhir. Dia juga menghadiri sebuah acara di Downing Street dalam rangka peringatan Hari Perempuan Internasional yang digagas Perdana Menteri Boris Johnson.

Dorries yang menjabat sebagai Menteri Kesehatan dan Layanan Sosial Inggris sejak 2019, lewat akun Twitter pribadinya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan. Dorries mengatakan saat ini merupakan masa sulit dan dia berharap fase terburuk sudah dilewati. Bahkan, Dorries merasa lebih khawatir kondisi ibunya yang sudah berumur 84 tahun dan mulai batuk pada Rabu (11/3).

Sementara itu, kabar Dorris positif virus Korona membuat pihak di Departemen Kesehatan Inggris kaget. Menteri Negara Kesehatan Inggris, Matt Hancock, lewat cuitannya berharap agar Dorries segera pulih.

“Benar-benar menyesal mendengar Nadine Dorries dinyatakan positif mengidap virus Korona. Dia telah melakukan hal yang benar dengan mengisolasi diri di rumah. Kita semua mendoakannya dengan baik agar dia pulih,” sebut Matt Hancock.

Inggris hingga Rabu (11/3) mencatat 383 kasus positif virus Korona. Sementara itu, jumlah meninggal 6 orang. Sedangkan yang sudah sembuh dan pulang dari perawatan 18 orang.

Dorries menambah daftar pejabat tinggi negara yang positif virus Korona. Sebelumnya, Wakil Presiden Iran untuk urusan perempuan dan keluarga, Masoumeh Ebtekar, positif virus Korona dan diumumkan pada Kamis (27/2). Di Iran, tak hanya Wakil Presiden yang terkena virus Korona, sejumlah pejabat lain juga didiagnosis positif. Setidaknya ada 11 pejabat pemerintah Iran lain yang dinyatakan terinfeksi virus Korona.

Menteri Kebudayaan Prancis, Franck Riester, sebelumnya juga dikabarkan positif terkena virus Korona usai pertemuan dengan parlemen. Riester dinyatakan terinfeksi pada Senin (9/3). Dia besar kemungkinan tertular anggota Parlemen yang lebih dulu dinyatakan positif COVID-19. Riester disebut oleh Menteri Kesehatan Prancis, Olivier Veran, dalam kondisi baik dan saat ini beristirahat di rumah atau menjalani karantina mandiri.

Sebelumnya lima anggota parlemen Prancis didiagnosis terinfeksi virus Korona, beserta seorang pegawai cafe di Majelis Nasional. Riester kemungkinan terinfeksi COVID-19 dari salah satu dari lima anggota parlemen tersebut.(jpg)