batampos.co.id – Kongres V Partai Demokrat terkesan sangat mendadak. Dari seharusnya bulan Mei dimajukan Maret ini. Persisnya digelar Sabtu hingga Senin depan (14-16/3) di Jakarta Convention Center (JCC).

Pelaksanaan pilkada 2020 menjadi alasan utama partai tersebut memajukan jadwal kongres. Wakil Ketua Umum Demokrat Syarief Hasan mengatakan Kongres V Demokrat sudah sesuai jadwal. Yaitu tahun 2020. ”Karena ada pilkada serentak memang dimajukan sedikit dari siklus semestinya bulan Mei,” kata Syarief Hasan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/3).

Disampaikan, pihaknya harus bergerak cepat menyikapi pilkada di 270 daerah. Terutama untuk memberikan rekomendasi calon kepala daerah yang akan diusung. Sehingga pengurus definitif periode 2020-2025 harus segera dibentuk. ”Keputusan harus cepat,” ujarnya.

Kini undangan kongres sudah beredar ke DPD dan DPC. Panitia pelaksana pun sudah disusun. Kongres yang terkesan mendadak itu dibenarkan sejum- lah pengurus. Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Achmad Mubarok mengatakan dirinya justru baru mendapat informasi pelaksanaan kongres pada Selasa (10/4) lalu. ”Saya baru tahu kemarin (Selasa, red) melalui WhatsApp,” aku Mubarok.

Selain karena alasan pilkada, dia menduga ada motif politis dari dimajukannya waktu kongres. Salah satunya adalah mempersempit manuver dan ruang gerak kader yang ingin maju sebagai calon ketua umum (caketum). Sehingga jalan aklamasi dalam menetapkan ketua umum Partai Demokrat periode 2020-2025 semakin mulus.

”Memang ada kesan itu. Pro kontra pasti ada lah,” ujar Mubarok.

Achmad Mubarok sendiri adalah anggota tim sembilan yang mendeklarasikan berdirinya Partai Demokrat pada 2001 silam. Dia pernah menjabat wakil ketua umum periode 2003-2007. Guru besar UIN Jakarta itu juga dikenal sebagai pendukung Anas Urbaningrum pada kongres ke-2 Demokrat tahun 2010 di Bandung.

Sejauh ini, caketum potensial yang muncul baru Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Jika tidak ada calon lain yang muncul, putra sulung SBY itu berpotensi menjadi calon tunggal dalam kongres. Sejak Januari 2020, AHY memang rajin road show ke sejumlah daerah.(mar/jpg)