batampos.co.id – Tiket pesawat terbang khususnya maskapai Lion Air, dipastikan akan tetap berada di Ambang Batas Bawah (ABB) hingga pertengahan Mei mendatang. ”Saat ini sudah murah, dan berlangsung hingga jelang Lebaran,” kata Distrik Manager Lion Air Batam, M Zaini Bire, Selasa (10/3) lalu.

Ia mengatakan, penjualan tiket murah sudah berlangsung sejak beberapa pekan lalu. Bire mengatakan, tidak akan ada lonjakan harga tiket dua minggu jelang Lebaran. ”Tidak ada, segitu-segitu saja kisaran harga tiketnya,” ungkapnya.

Namun, enam hari jelang Lebaran, tiket akan merangkak naik ke harga Ambang Batas Atas (ABA). Hal ini akan berlaku ke seluruh rute dari Bandara Hang Nadim Batam. Bire mencontohkan, untuk rute dari Batam ke Pekanbaru, harga tiket akan stabil di angka Rp 285 ribu hingga 14 Mei nanti. Namun, harganya mulai naik sedikit naik menjadi Rp 321 ribu pada 15 Mei. Lalu, kembali naik lagi di 16 Mei. ”Naiknya tidak terlalu tinggi kali, standar lah,” ungkapnya.

Bire mengatakan, masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket di agen-agen Lion Air Grup. Tak hanya itu, pemesanan juga bisa dilakukan secara online, di laman-laman penjualan tiket online. ”Booking dari sekarang,” katanya.

Terkait harga tiket, Batam Pos mencoba memantau di salah satu laman penjualan tiket online. Harga tiket rute Batam ke Pekanbaru bertahan di angka Rp 285 ribu hingga 14 Mei. Sementara itu, untuk rute Batam ke Padang, di angka Rp 369 ribu hingga 6 Mei. Dari 7 Mei hingga 15 Mei, harga tiket rute ini berada di kisaran Rp 623 ribu. 16 Mei, harga tiket sudah mendekati ABA.

Rute Batam ke Jakarta stabil di angka Rp 532 ribu, hingga 14 Mei. Dari 15 Mei, tiket sudah mulai merangkak naik mendekati harga ABA.

Rute Batam ke Palembang di angka Rp 366 ribu hingga 13 Mei. Setelah itu, harga tiket mulai merangkak naik ke harga ABA. Hal yang sama juga terjadi di rute Batam menuju ke Surabaya, harga tiket di angka Rp 649 ribu hingga 11 Mei. Setelah itu, harga tiketpun mulai merangkak naik. (ska)