batampos.co.id – Masyarakat Kelurahan Sijantung, Galang, Kota Batam, mendukung penuh pembangunan rumah sakit khusus corona (Covid -19).

Ketua RT 01/RW 01, Razali, mengatakan, dengan adanya pembangunan RS khusus corona ekonomi masyarakat terbantu.

Salah satunya kata dia, mengenai, pendistribusian air bersih yang jadi kendala selama ini sudah mulai teratasi.

“Sekarang (air bersih) tentu akan masuk ke pemukiman penduduk,” jelasnya, sabtu (14/3/2020).

“Bahkan warga yang menganggur sekarang telah berkerja dalam pembangunan begitu juga dengan para ibu-ibu,” kata dia lagi.

Hal senada disampikan Ketua RT 02, Razali. Ia mengatakan, program pemerintah tersebut merupakan kajian yang matang untuk pembangunan rumah sakit khusus corona.

“Ini tentu sudah melalui proses yang panjang. Awalnya warga memang ada yang takut, tapi setelah dilakukan sosialisasi dari TNI-Polri bersama pemerintah setempat kami jadi lebih paham,” katanya.

Ia mengatakan, di RT 002 ada sekitar 74 KK penduduk sedangkan untuk RT 001 ada 197 KK.

Masyarakat Kecamatan Galang, Kota Batam berdiskusi dan mendukung penuh pembangunan RS Khusus Corona. Foto:batampos.co.id/Dalil Harahap

“Jadi apa bila ada pihak-pihak yang tidak setuju dengan pembangunan tersebut, pihak yang mana? Bukan warga kami, dengan alasan kemanusiaan,” kata dia.

Selain itu, tokoh masyarakat yang juga mantan Ketua RT, Ahmad Afandi, mengaku beberapa hari kebelakang ekonomi masyaraakt sangat terbantu.

Contohnya, para ibu-ibu. Mereka kata dia, sudah ada kegiatan dan warga yang mempunyai kemampuan bisa berkerja sesuai bidangnya masing-masing.

“Jika telah ada rumah sakit khusus corona itu tentu banyak lowongan yang dibuka yang diprioritaskan untuk warga Galang. Baik di bidang kesehatan maupun cleaning servis dan lain-lain,” jelasnya.

Tokoh pemuda, Sony, meminta kepada masyarakat Batam untuk bisa mendukung penuh pembangunan rumah sakit khusus corona.

“Kami sudah sering sosialisasi tentang hal ini, dan prinsipnya sekarang untuk kemajuan ke depan dan tolong bantu kami karena kami asli penduduk sini,” sebutnya.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Sijantung, Fabianus, mengatakan, dengan adanya pembangunan rumah sakit khusus corona akan sangat berimbas baik kepada masyarakat.

Masyarakat Galang lanjutnya, mempunyai moto “Dari Galang Sehatkan Bangsa, Dari Galang Selamatkan Indonesia”

“Itu lah motor kami,” jelasnya.(ali)