batampos.co.id – Musim hujan kini mulai datang. Keadaan cuaca yang dingin kadang membuat tubuh melemah. Nah, biasanya, salah satu penyakit yang diderita saat musim hujan adalah flu dan batuk.

Sayangnya ada banyak kesalahpahaman informasi tentang apa itu flu, bagaimana penyebarannya, dan penyembuhan flu. Bahkan, ada yang mengira kalau flu disebabkan karena tubuh kedinginan. Benarkah?

Gejala seperti sakit tenggorokan, hidung tersumbat, batuk, dan perasaan seperti sinus ternyata bukan masuk dalam kategori flu. Hal tersebut menandakan hanya serangan pilek.

“Walaupun ini mungkin terasa seperti flu, Anda sebenarnya tidak terkena flu kecuali Anda menderita demam tinggi (lebih dari 101,5 derajat Fahrenheit), sakit tubuh, rasa lelah yang signifikan, kadang mual dan muntah, dan sering sakit tenggorokan yang sangat parah,” kata Hollin Calloway, MD, seorang ahli THT di THT and Allergy Associates llP (eNTA).

Ia juga mengatakan jika Anda menderita flu, Anda hampir tidak akan sanggup keluar dari tempat tidur. Biasanya flu disebabkan oleh penyebaran kuman yang membuat infeksi.

“Kebersihan tangan yang tepat adalah cara paling penting untuk mencegah penyebaran infeksi. Mencuci tangan adalah seperti vaksin yang menghentikan penyebaran kuman, ”kata Mary Anne Jackson, MD, direktur Division of Infectious Diseases at Children’s Mercy di Kansas City, MO, dilansir dari Prevention, Rabu (23/1) lalu. (jpc)