batampos.co.id – Pekan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) Nasional 2020 yang digelar Bank Indonesia depan Mall Botania 2, Batam Centre, Sabtu (14/3) malam berlangsung meriah. Kepala Perwakilan Wilayah Bank Riau Kepri, Musni Hardi, mengatakan, rangkaian QRIS sudah dilakukan sejak awal pekan lalu (9-15 Maret). Acara serupa dilakukan bersamaan di seluruh Indonesia.
“Puncaknya jatuh pada hari ini (kemarin, red) dan besok (hari ini, red). Harapan dari BI agar bisa diketahui ke masyarakat, sebab ini merupakan inovasi pembayaran di era digital saat ini,” ucapnya, Sabtu (14/3).
Pihaknya juga mengapresasi dukungan Pemprov Kepri dan Pemko Batam kepada Bank Indonesia, serta semua pihak yang berperan menyukseskan acara ini. Menurutnya, saat ini masyarakat tengah menghadapi era digital yang telah masuk ke aspek kehidupan, yang menuntut perubahan perilaku, baik transaksi maupun keinganan mendapatkan layanan terbaik dan pengelolaan.
“Tentu membutuhkan inovasi guna melengkapi kebutuhan yang pesat ke depannya,” jelasnya. Ia menambahkan, sejak 17 Agustus 2019 telah diluncurkan dan dilakukan uji coba.
Kemudian QRIS secara nasional wajib diimplementasikan pada Januari 2020, di seluruh Indonesia. Dimana Qr code di konversi menjadi QRIS yang bisa digunakan untuk seluruh pembayaran, lebih mudah, aman, dan efisien.
“Karena QRIS dirangkai untuk kemudanan serta efisiensi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan penggunaan QRIS dengan sasaran masyarakat dan merchant komunitas,” katanya.
Ia menjelaskan, selama satu pekan, BI perwakilan Kepulauan Riau berkolaborasi dengan perbankan dan penyelenggara jasa sistem pembayaran. Antara lain Gopay, Ovo, Dana, dan LinkAja, secara silih berganti melaksanakan kegiatan sosialisasi dan on-boarding merchant dengan menyasar pada komunitas milenial.
“Tentunya QRIS sangat bermanfaat kepada konsumen, pedagang, dan pemerintah. Agar tercatat keuangan dengan baik, serta menimalisir adanya resiko. Dengan adanya QRIS akan membantu UMKM dan memudahkan perbankan untuk melihat mengembangkan usaha UMKM,” terangnya.
Karena tujuan dari QRIS adalah untuk memperlancar sistem pembayaran nontunai yang aman dan lancar, serta mendorong efisiensi transaksi dan mempercepat inklusi keuangan, dan memajukan UMKM.
“Setelah sosialisasi ke setiap elemen masyarakat Kota Batam, maka QRIS menjadi sarana pembayaran kekinian dengan perkembangan teknologi dan lebih efisien,” tutupnya.(cr1)