Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kepulauan
Riau (Kepri) melakukan aksi pemeriksaan kesehatan gratis dan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan sehat (PHBS) di event Tanjung Uma Islamic Fair di SDIT Mahabbatul Haq, Tanjung Uma, Minggu (15/3/2020).

Kegiatan tersebut diisi dengan beragam kegiatan. Tim MRI-ACT Kepulauan Riau
bersama Asian Medical Students Association (Amsa) Universitas Batam (Uniba) melakukan pemeriksaan golongan darah untuk para siswa Sekolah Dasar.

Selain pemeriksaan golongan darah, pemeriksaan kesehatan gratis juga di lakukan dibantu tenaga medis dari Puskesmas Lubuk Baja.

Sembari melakukan pemeriksaan tim relawan AMSA Uniba melakukan penyuluhan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid 19.

“Kita sengaja hadir dikegiatan ini untuk mengkampanyekan perilaku hidup bersih dan sehat, apalagi saat ini kita sedang dihebohkan dengan penyebaran virus Covid 19,” ujar Branch Manager ACT Kepri, Agus.

Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kepulauan Riau (Kepri) melakukan aksi pemeriksaan kesehatan gratis dan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan sehat (PHBS) di event Tanjung Uma Islamic Fair di SDIT Mahabbatul Haq, Tanjung Uma, Minggu (15/3/2020). Foto: ACT untuk batampos.co.id

“Harapannya dengan kegiatan ini kita bisa mencegah penyebaran di Kota Batam khususnya,” ujarnya.

Tidak hanya pemeriksaan kesehatan, Relawan MRI-ACT Kepulauan Riau juga memberikan edukasi pola hidup ala Rasulullah melalui dongeng bersama Bunda Rhini.

Antusias siswa SDIT Mahabbatul Haq sangat terlihat pada sesi dongeng ini.

“Dongeng menjadi pilihan untuk memberikan edukasi kepada siswa usia sekolah dasar tentunya, karena dapat menarik perhatian melalui ekspresi pendongen dan intonasi suaranya” tambah Agus.

Covid 19 tentunya menjadi momok tersendiri bagi masyarakat, namun tidak perlu ada kepanikan.

“Mari kita ikhtiarkan dengan menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat, saling mengingatkan satu sama lain dan tetap jaga kekompakan kepada setiap elemen masyarakat, tak lupa selalu berdoa agar selalu dilindungi oleh Allah Ta’ala,” paparnya.(*)