batampos.co.id – PT. Adhya Tirta Batam (ATB) akan menggelar salat Istisqa di halaman parkir Adhya Building, Sukajadi, Rabu (18/3) pukul 08.30 pagi.

Melalui salat Istisqa ATB mengajak seluruh masyarakat Batam untuk berdoa bersama memohon turunnya hujan.

“Kami mengundang seluruh masyarakat Batam untuk turut bersama berdoa meminta hujan,” ujar Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus.

Salat istisqo’ ini akan dipimpin oleh Ustadz Abu Humairah. Salat ini menjadi salah satu ikhtiar yang dilakukan ATB bersama masyarakat Kota Batam untuk memohon turunnya hujan, agar kekeringan di Batam bisa segera berakhir.

“Sebagai bangsa yang religius, doa adalah salah satu upaya yang harus kita lakukan,” jelasnya.

Seperti diketahui, ssaat ini Batam tengah berada diambang kekeringan. Dimana curah hujan selama beberapa bulan terakhir berada di titik terendah.

Menurut informasi dari BMKG, curah hujan di Batam selama Februari hanya 50 hingga 100 mm.

ATB menyelenggarakan salat Istisqa’ saat terjadi Elnino tahun 2015 silam. Tahun ini, ATB menggelar kegiatan serupa untuk menghadapi ancaman kekeringan yang semakin dekat. foto: ATB untuk batampos.co.id

Kondisi ini menyebabkan volume air di waduk terus menurun. Dampak paling parah dialami oleh waduk Duriangkang.

Di mana, level air turun 2 sentimer setiap harinya. Kini, level air telah mencapai minus 3,25 di bawah permukaan bangunan pelimpah.

BP Batam telah menginstruksikan untuk melakukan penggiliran suplai air bersih jika level air di waduk mencapai minus 3,4 di bawah permukaan bangunan pelimpah.

Masih ada waktu sebelum air di waduk Duriangkang menuju level tersebut. Disamping upaya teknis, berdoa bersama ini menjadi agar hujan bisa turun dengan intensitas yang memadai.

ATB berharap elevasi -3,4 meter di bawah permukaan bangunan pelimpah tidak tercapai.

“Kita berdoa supaya hujan segera turun, sehingga level air di waduk Duriangkang terus naik dan penggiliran ini tidak kita rasakan,” jelas Maria.

Persiapan Shalat Istisqa’ yang dilakukan ATB juga dilakukan sebaik mungkin. Termasuk untuk memenuhi imbauan pemerintah mengenai upaya bersama untuk mencegah penyebaran viorus Corona (Covid-19).

Karena itu, ATB mengimbau masyarakat yang ingin ikut dalam kegiatan ini untuk memastikan kondisi kesehatannya benar-benar sehat dan fit.

ATB juga akan menyediakan Hand Sanitizer bagi jamaah yang turut dalam kegiatan tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan orang yang membersihkan tangan pakai hand sanitizer beralkohol perlu waktu selama 20 hingga 30 detik supaya bakteri dan virus mati.

“Silahkan gunakan Hand Sanitizer yang disediakan sebagai salah satu upaya yang dianjurkan oleh WHO, ,” ujar Maria.(*)