Sabtu, 20 April 2024

Disperindag Ultimatum Distributor Bahan Pangan, Masker hingga Ritel Modern

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam mengumpulkan distributor pangan, distributor masker hingga pengusaha ritel modern di Batam, Selasa (17/3/2020).

Kepala Disperindag Batam, Gustian Riau, mengatakan, sebelumnya pihaknya mendapati informasi mulai adanya belanja karena panik (panic buying) pada salah satu ritel modern di Batam.

Ia mengimbau masyarakat tidak perlu panik, karena stok bahan pokok aman.

”Kami imbau, kondisi stok cukup, tidak perlu panik dan membeli dalam partai besar,” ujar dia.

Ia mengatakan, distributor dan pelaku usaha tidak memberi kesempatan kepada masyarakat yang membeli dalam partai besar dengan maksud untuk ditimbun.

Bahkan, ia mengancam pelaku usaha yang membolehkan masyarakat untuk menimbun, akan dicabut izinnya.

”Harus ditolak, kalau kami dapati, akan kami cabut izinnya. Yang dilayani hanya cukup yang membeli untuk kebutuhan sehari-hari, tidak boleh diborong,” kata dia.

Ia juga menegaskan, pihaknya tidak tinggal diam bagi distributor yang memanfaatkan momen dengan menumpuk stok, termasuk jika memainkan harga di luar batas kewajaran sehingga merugikan masyarakat.

”Tidak ada lagi memainkan harga dan menumpuk barang, kalau tidak diindahkan imbauan ini, kami akan cabut izinnya juga,” kata dia.

Selain stok, ia mengklaim harga pangan kini terpantau aman. Agar rasa aman ini berlanjut, ia mengaku pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan
(Kemendag).

Selain pangan, ia juga telah berkoordinasi dengan produsen masker di Jakarta. Menurut dia, masker juga merupakan salah satu barang yang kini dibutuhkan warga dan perlu dijamin ketersediaanya.

”Kami menyurati produsen masker di Jakarta, agar Batam dimudahkan pembelian di
sana. Ini antispasi kami untuk warga, bagaimana pun masker ini diperlukan,” ujarnya.(iza)

Update