batampos.co.id – Polres Natuna menggelar kegiatan social distancing atau menjaga jarak mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) di Natuna, Rabu (18/3/2020).

Kegiatan ini digelar di pasar tradisional Ranai, yang merupakan salah satu tempat keramaian.

Kapolres Natuna, AKBP Ike Krisnadian, mengimbau masyarakat Natuna tetap tenang dan tidak terpengaruh terhadap merebaknya wabah virus Covid-19.

Sehingga situasi kamtibmas di Natuna tetap aman dan kondusif, serta tetap selalu waspada dan menjaga kebersihan di lingkunganya untuk mencegah Covid-19.

Dua pekerja mengenak masker saat melakukan aktivitasnya sehari-hari. DPRD KOta Batam meminta Pemko Batam untuk membagikan masker gratis kepada masyarakat. Foto: batampos.co.id/Cecep Mulyana

Kepada pedagang pasar, Kapolres menekankan bahwa Covid-19 adalah penyakit yang
disebabkan infeksi corona virus baru yang pertama sekali dilaporkan sebagai pneumonia misterius di Wuhan, tiongkok di akhir Desember 2019 lalu.

”Masyarakat, terutama pedagang di pasar, Covid-19 ini tidak sangat mematikan, karena angka kematiannya hanya berkisar 2-3 persen sehingga tidak perlu panik. Tetapi, yang terpenting masyarakat harus tetap waspada,” jelasnya.

Kapolres menegaskan, pencegahan yang dapat dilakukan, berupa mencuci tangan secara rutin, hindari menyentuh wajah, gunakan masker jika memiliki gejala batuk dan bersin, masak produk hewan sampai matang, diet sehat, berolahraga, dan istirahat yang cukup.

”Masyarakat Natuna kami harap tetap tenang dan tidak panik berlebihan. Karena wabah ini dapat dicegah dengan pola hidup bersih dan sehat,” imbau Kapolres didampingi Wakapolres, Kompol Wisnu Edhi Sadono.(arn)