batampos.co.id – Pangeran Albert II dari Monako dinyatakan positif virus Korona jenis baru atau COVID-19. Kabar itu menjadikannya sebagai raja atau kepala negara pertama yang secara terbuka mengumumkan tertular virus Korona.

Dalam sebuah pernyataan dilansir dari NPR, Jumat (20/3), para pejabat dari kerajaan mengatakan meski ada penularan, tetapi kesehatan pangeran masih baik-baik saja. Pihak kerajaan mengatakan sama sekali tidak ada hal yang mengkhawatirkan.

Pangeran Albert II adalah salah satu bangsawan terkaya di dunia dan berperan sebagai kepala negara di Monako yang berpenduduk 40 ribu jiwa. Dia secara resmi menjabat sebagai pemimpin negara mulai 2005.

“Yang Mulia mendesak rakyat Monako untuk menghormati tindakan isolasi dan membatasi kontak dengan orang lain seminimal mungkin,” kata pernyataan pihak kerajaan.

Sang pangeran sedang dirawat di Rumah Sakit Princess Grace. Laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Kamis (19/3) ada 10 kasus virus Korona di Monako.

Sementara itu, Prancis yang mengelilingi negara kecil Mediterania, adalah salah satu negara Eropa yang paling parah terkena virus Korona jenis baru itu. Monako adalah negara dengan ketiga sisinya berbatasan dengan Prancis. Dan, di Prancis sudah ada hampir 10.995 kasus positif dan 372 kematian dengan status negara yang kini sudah lockdown.(jpc)