batampos.co.id – Pesawat C130 Hercules Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang pengangkut logistik medis dari Tiongkok telah tiba di Lanud Rsa Natuna, Minggu (22/3). Pesawat dengan nomor ekor A-1333 itupun langsung disemprot disinfektan. Penyemprotan ini dilakukan kepada seluruh kru pesawat, bagian luar pesawat, kokpit, termasuk sejumlah logistik medis di dalam kabin.

“Kami harus menerapkan sejumlah prosedur berdasarkan protokol kesehatan dari WHO terhadap kru, pesawat, dan barang bawaan agar terhindar dari potensi terbawanya virus Covid-19 dari Tiongkok, termasuk melakukan isolasi terhadap kru pesawat untuk diobservasi kesehatannya,” kata Kasubdispenum Dispenau, Kolonel Sus Muhammad Yuris dalam keterangannya, Senin (23/3).

Pagi ini, Senin (23/3), logistik medis akan langsung dibawa ke Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Nantinya, logistik medis akan didistribusikan kepada tim penanganan medis Covid-19.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan, pesawat hercules dijadwalkan akan tiba sekitar pukul 09.30 WIB di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pesawat yang berkapasitas sembilan ton itu membawa obat-obatan, termasuk masker dan alat pelindung diri.

Peralatan medis yang diangkut dari negeri tirai bambu itu, akan diserahkan pada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Munardo selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.(jpg)