batampos.co.id Voice Announcer Area Traffic Control System (ATCS) atau pengumuman menggunakan pengeras suara yang dipasang di sepuluh titik persimpangan jalan protokol dinilai dapat meningkatkan kesadaran pengendara terhadap rambu maupun keselamatan di jalanan.

Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Yunita Stevany mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Batam untuk menindak pelangar lalu lintas yang terpantau kamera.

“Apapun pelanggarannya akan langsung kita tilang. Intinya langsung ditindak,” tegas Yunita, Jumat (20/3) siang.

Sepuluh titik pemasangan ATCS yaitu:
-Simpang Martabak Har Nagoya,
-Ibnu Sina Pelita,
-Seraya Atas Bengkong,
-Masjid Agung Batam Center,
-Simpang Frengky,
-Simpang Kara,
-Simpang KDA,
-Simpang Kabil,
-Simpang Dam/Panbil
-Simpang Basecamp, Batuaji.

“Anggota sudah selalu ada di lapangan. Karena saat tidak ada yang mematuhi aturan, lampu tetap merah,” kata Yunita.

Yunita menjelaskan ATCS tersebut hanya dipantau oleh petugas Dishub Batam. Petugas akan melakukan peneguran terhadap pengendara melalui pengeras suara yang terhubung monitor di Kantor Dishub. “Yang pantau Dishub saja. Mereka berkoordinasi untuk penindakan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Batam, Rustam Efendi mengatakan dengan pemasangan ATCS tersebut dapat membantu pihak kepolisian untuk menekan pelanggar maupun kecelakaan lalu lintas. Sebab, melalui layar monitor akan akan terlihat jelas wajah, jenis kendaraan, dan pelat nomor kendaraan pengendara yang melanggar.

“Tentu mereka (pengendara) akan dapat efek jera. Semoga mereka sadar, keselamatan dalam berkendara itu penting,” katanya.(opi)