batampos.co.id – Kecamatan Posek meraih predikat pertama dalam menyelesaikan sensus penduduk secara online.

Padahal kecamatan ini, memiliki banyak pulau dengan jarak satu pulau dengan pulau yang lain cukup jauh.

“Saya merasa senang terhadap kepedulian perangkat desa yang sudah membantu lancarnya pengumpulan data tersebut,” kata Camat Posek, Suratman, saat ditemui di Dabo Singkep, Senin (23/3/2020) pagi.

Terlebih, kondisi jaringan internet yang masih sangat minim di wilayah tersebut. Hal ini menjadi salah satu kendala.

Walau demikian, Sutar, panggilan akrabnya, mengaku kagum dengan kinerja seluruh perangkat kecamatan dan perangkat desa yang sangat aktif dalam menyukseskan sensus tersebut.

Seorang warga sedang melihat laman sensus.bps.go.id tentang sensus penduduk online, Selasa (3/3/2020). Foto: batampos.co.id/Cecep Mulyana

Dari jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 1.088, dengan target yang diberikan sebesar 142 KK. Dengan kinerja yang baik Kecamatan Posek dapat melakukan sensus terhadap 269 KK.

Dengan kata lain Kecamatan Posek berhasil menyelesaikan tugas hingga 189,46 persen di atas target yang telah ditetapkan.

Begitu juga dengan sensus penduduk yang dilakukan Kecamatan Posek, dari jumlah penduduk sebanyak 3.364 jiwa, mereka telah melakukan sensus penduduk secara online kepada 825 warga.

Padahal, mereka mendapat target sebanyak 438 penduduk.

“Dengan kinerja seperti ini, kami berharap dapat membantu kelancaran dalam hal pembangunan yang dilakukan Pemkab Lingga,” katanya.

Kecamatan Posek adalah salah satu kecamtan yang tergolong baru di Kabupaten Lingga. Mereka membawahi tiga desa dengan delapan pulau.(wsa)