batampos.co.id – Ruas jalan protokol dan fasilitas umum di Kota Batam disemprot cairan disinfektan guna mencegah penyebaran vidur corona (Covid-19).

Seperti ruas jalan Engku Putri Batam Centre dan dataran Engku Putri. Pantauan batampos.co.id, terlihat satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) Pemko Batam mengelilingi jalan raya di sepanjang alun-alun Batam Center.

Sementara itu di belakangan mobil Damkar tersebut langsung dikawal oleh mobil lainnya dengan bak terbuka sembari menyalakan bunyi sirene.

Selesai menyirami jalan raya dengan cairan disinfektan. Kendaraan tersebut mulai masuk ke dalam kawasan alun-alun dan melakukan hal yang sama.

Mobil Pemadam Kebakaran (PBK) Kota Batam menyemprotkan cairan disinfektan guna mencegah menularnya virus corona. Foto: batampos.co.id/Azis Maulana

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Azman, mengatakan, cairan disenfektan yang disemprotkan dicampur dengan carbol sehingga tidak membahayakan bagi pengguna jalan dan fasilitas umum.

“Penyiraman ini akan dilakukan selama 10 hari kedepan dan diuapayakan terbagi dalam tiga zona Batamcentre, Sekupang dan Batuaji,” jelasnya, Selasa (24/3/2020).

Ia menjelaskan, pihaknya berkosentrasi kepada fasilitas umum. Dimulai hari ini dan akan dilakukan di kantor pemerintah kemudian masjid di bagian luarnya.

Azman menambahkan, satu tangki berisi air lima ribu liter dicampur disenfektan 20 liter dan 15 liter karbol.

“Ini tidak akan berdampak ke tumbuhan,” jelasnya.

“Intinya kita akan menyisir daerah fasilitas umum di jalan protokol serta berkumpulnya masyarakat di luar,”tutupnya.(zis)