Jumat, 29 Maret 2024

Keberangkatan Jemaah Calon Haji Belum Pasti karena Covid-19

Berita Terkait

batampos.co.id – Pelunasan biaya haji gelombang pertama sudah dibuka oleh Kementerian Agama (Kemenag) Batam dan dapat dilakukan hingga 17 April 2020 mendatang.

Kepala Kantor Kemenag Batam, Zulkarnain, mengatakan, untuk Batam biaya keberangkatan masih sama dengan tahun lalu yakni Rp 32 juta lebih.

”Tetap berjalan sesuai tahapan. Jemaah sudah mulai melunasi biaya keberangkatan ibadah haji saat ini,” katanya, Kamis (26/3/2020).

Ia menyebutkan kuota keberangkatan haji asal Batam tahun ini sebanyak 625 jemaah. Sebelumnya mereka sudah melakukan perekaman untuk penerbitan paspor.

Ia menjelaskan, sampai saat ini belum ada informasi lanjut mengenai haji.

”Masih sebatas pelunasan. Kami juga masih menunggu terkait jadwal haji. Kalau rencana awal akhir Juni sudah mulai berangkat yang gelombang pertama,” jelasnya.

Para jemaah calon haji (JCH) asal Riau akan naik pesawat Saudi Arabian Airlines di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Selasa (9/7/2019) lalu. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

“Namun karena Covid-19 ini, apakah ada pembatalan ibadah haji atau tetap berjalan sesuai dengan jadwal awal,” paparnya.

Menurutnya, masih banyak persiapan jelang keberangkatan di antaranya, pembuatan visa haji, manasik tingkat kota, hingga pemeriksaan kesehatan jelang keberangkatan.

”Kalau ikut tahapan masih ada beberapa lagi yang harus dipersiapkan. Jadi, saya minta jemaah sabar dan tunggu informasi saja,” imbuhnya.

Sebab lokasi asrama haji juga masih digunakan untuk proses karantina, sehingga pihaknya belum ada membahas kelanjutan tahapan haji ini bersama pihak terkait.

Begitu juga dengan maskapai yang akan mengangkut jemaah nanti, sampai saat ini belum ada kesepakatan dan menunggu putusan pemerintah Arab Saudi sebagai penye-lenggara ibadah haji.

Jika nanti terjadi pembatalan pelaksanaan ibadah haji karena wabah Covid-19, jemaah yang sudah keluar namanya tahun ini tetap menjadi prioritas di tahun depan.

Namun demikian, ia tetap berharap ibadah bisa berjalan sesuai rencana.

”Mudah-mudahan wabah ini cepat berlalu, biar jemaah yang sudah menunggu lama ini bisa berangkat haji,” harapnya.

Informasi lanjutan mengenai ibadah haji akan dibagikan nanti melalui pesan singkat, jika terjadi perubahan.

”Sekarang kita berdoa saja. Jemaah yang sudah akan berangkat tahun ini tunggu infor-
masi saja,” tambahnya.(yui)

Update