Kamis, 25 April 2024

Jadwal Belajar di Rumah Ditambah, Begini Tanggapan Wali Murid

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga mengeluarkan surat edaran tentang penundaan ujian nasional  dan memperpanjang kegiatan belajar di rumah mulai Selasa (31/3/2020) sampai dengan Senin (13/4/2020) mendatang.

Menanggapi hal itu, salah seorang wali murid SD di Kabupaten Kepulauan Anambas, Iren, mengatakan, sistem pembelajaran online dinilainya tidak maksimal.

Ia mengatakan bukan tidak mendukung langkah pemerintah untuk mencengah penuluaran virus corona.

Hanya saja ada anak didik yang kesulitan menangkap pelajaran yang diberikan guru secara daring.

Selain itu kata dia, siswa sedikit kesulitan menyelesaikan tugas yang diberikan tenaga pendidik.

“Tugas yang diberikan guru setiap hari, tetapi tidak dijelaskan tugas yang diberikan itu seperti apa, kewalahan anak jadinya,” keluhanya, Sabtu (28/3/2020)

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahlahraga Kabupaten Kepulauan Anambas, Nurman, mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona Deseas-19 (Covid-19) di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Ilustrasi siswa Sekolah Dasar (SD). Foto: Cecep Mulayana/batampos.co.id

“Kita juga mengacu ke seluruh Disdik Provinsi dan Kabupate/Kota lain di Kepri,” terangnya kepada batampos.co.id, Jumat (27/3/2020)

Berikut 6 poin dalam surat edaran tersebut:

1. Kegiatan belajar mengajar pada Satuan Pendidikan PAUD/TK,        SD dan SMP (peserta didik, pendidik dan tenaga                          kependidikan) mulai tanggal 31 Maret 2020 sampai dengan 13      April 2020, untuk meniadakan sementara kegiatan tatap muka      di kelas dan melakukan kegiatan belajar di rumah secara              daring/online atau offline (dengan tugas mandiri untuk siswa)      melalui platform e-learning masing-masing satuan pendidikan      dan akan ditinjau kembali sesuai dengan situasi dan kondisi          yang ada.

2. Ujian Nasional (UN) tahun 2020 dibatalkan, termasuk Ujian          Sekolah (US) tahun 2020 bagi SD dan SMP.

3. Pelaksanaan ujian sekolah untuk kelulusan dan ujiian akhir          semester untuk kenaikan kelas dalam bentuk tes yang                mengumpulkan siswa tidak diperbolehkan, mekanisme                pelaksanaan akan diatur oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan          Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas dengan Kementerian      Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

4. Dana Bantuan Operasional Sekolah atau Bantuan Operasional      Pendidikan dapat digunakan untuk membiayai keperluan              dalam proses pencegahan pandemi Covid-19.

5. Satuan Pendidikan yang ada diharapkan dapat membentuk Tin      Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease          2019 (Covid-19) satuan Pendidikan.

6. Selama masa kegiatan belajar tatap muka dikelas dialihkan ke      belajar dirumah, tetap berlaku aturan disiplin bagi PNS dan          PTT untuk tidak meninggalkan daerah terkecuali dengan              alasan mendesak.(fai)

Update