Jumat, 19 April 2024

Tim Gabungan Bubarkan Kerumuman, Termasuk di Rumah Makan dan Restoran

Berita Terkait

batampos.co.id – Upaya pencegahan masyarakat berkumpul-kumpul terus dilakukan tim gabungan. Patroli gabungan menindaklanjuti Surat Edaran Wali Kota Batam terkait upaya pencegahan penularan virus Covid-19 secara rutin terus dilaksanakan.

”Patroli kita lakukan rutin sesuai surat edaran Wali Kota Batam. Mulai dari siang pukul 10.00 WIB sampai malam pukul 22.00 WIB sampai dengan selesai,” ujar Kabid Trantibum Satpol PP Kota Batam, Imam Tohari, Senin (30/3/2020).

Adapun yang menjadi lokasi pemantauan tim patroli gabungan adalah titik keramaian
di seluruh wilayah di Kota Batam.

Seperti yang dilakukan Minggu (29/3/2020) kemarin, iring-iringan kendaraan patroli dari berbagai satuan bergerak dari Kantor Wali Kota Batam menuju Palm Spring.

Kemudian putar balik ke Simpang BNI Seipanas. Selanjutnya ke arah Patung Kuda Seipanas dan Underpass Pelita.

Rombongan patroli kemudian belok kiri menuju simpang Indomobil. Lanjut ke arah BCS Mall sampai ke Pasar Penuin.

Tim patroli gabungan yang terdiri dari tNi-Polri, Satpol PP, Ditpam dan instansi terkait mengimbau kepada pengunjung tempat ngopi dan makan untuk meminimalisir berkerumun atau berkumpul, dan meminta pengunjung meninggalkan lokasi dan pulang ke rumah masing-masing, Senin (30/3/2020). kegiatan ini upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Kemudian ke Nagoya Food Court, Simpang Planet Hotel, Lucky Plasa, sampai Pasar Induk Jodoh.

“Tim patroli meliputi personel PM, Marinir, Raider, Kodim, Satlantas Polresta, Sat Sabhara Polresta, Satpol PP, Dinas Perhubungan, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,” kata Kabid Trantibum Satpol PP, Imam Tohari.

Dari hasil patroli dijumpai kafe di Palm Spring sudah tutup. Sementara warung aceh
Terowongan Pelita ditemukan warga yang cukup ramai.

Pengunjung diimbau untuk langsung meninggalkan lokasi dan pulang ke rumah masing-masing. Pengunjung ramai juga ditemukan di Food Court A2 Penuin.

Imbauan serupa disampaikan kepada para pengunjung tempat makan ini. Seperti Nagoya Food Court, depan Newton Nagoya, depan Lucky Plaza, depan BCA Jodoh, Marina Business Centre Nagoya, depan Hotel Utama Nagoya dan Cabuci Seraya Atas.

Kemudian Bengkong Harapan, Bengkong Indah II, dan di depan pos Damkar Seipanas, cukup banyak warga yang sedang makan di warung pinggir jalan.

“Restoran Tre Cipolle juga ramai pengunjung. Tindakan tim sama, mengimbau warga agar segera pulang,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut tim juga memohon dukungan warga untuk tetap berada di
rumah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Imam mengakui, pemerintah tidak melarang warga membeli makanan dan minuman di tempat makan.

Namun, dianjurkan untuk tidak makan di tempat. Melainkan dibawa pulang ke rumah. Agar meminimalisir kontak antarindividu dan mencegah orang untuk berkerumun atau berkumpul.

”Kita juga meminta agar masyarakat mematuhi maklumat Kapolri dan surat eda-
ran Wali Kota Batam,” tegas Imam.(rng)

Update