batampos.co.id – Kepala Bidang Pengendalian Pencegahan Penyakit, Dinas Kesehatan
(Dinkes) Kabupaten Lingga, Fazinawati, mengatakan, pihaknya menetapkan satu orang masuk dalam pengawasan atau Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Kami tetapkan atas dasar pemantauan dan menemukan sejumlah indikasi sesuai den-
gan aturan yang telah ditetapkan,” ujar wanita yang juga juru bicara gugus kesehatan
Kabupaten Lingga, Selasa (31/3/2020).

Karena ini kasus pertama di Kabupaten Lingga, Fazinawati berharap masyarakat tidak perlu panik, karena pihaknya telah memberikan arahan agar ODP tersebut melakukan tin-
dakan isolasi mandiri.

Selain itu, tim Dinkes terus melakukan pemantauan terhadap ODP. Dirinya menerangkan tindakan pemantauan yang dilakukan seperti pengecekan suhu tubuh serta gejala lainnya yang tampak pada orang bersangkutan.

Ilustrasi. batampos.co.id

Sekaligus memberikan arahan agar ODP beserta keluarganya untuk menjalankan aturan hidup sehat.

“Kami juga menyarankan agar ODP dapat menjaga kebersihan baik diri dan lingkungan serta mendapat asupan makanan yang bergizi,” katanya.

Dirinya mengharapkan warga agar tetap waspada dan tetap menjalankan arahan yang diberikan pemerintah dan perangkat lainnya agar mencuci tangan serta menjaga kebersihan.

Termasuk setiap warga agar tetap di rumah jika tidak memiliki urusan yang penting di luar.

Menurutnya, jika selama masa isolasi mandiri 14 hari dan ODP tersebut tidak mengalami apapun dan kondisi kesehatannya membaik, maka mereka akan mengeluarkan surat terkait kesehatan yang bersangkutan.

“Karena ODP ini sudah jelas bukan orang yang suspect terkena virus, bisa saja mereka akan baik-baik saja,” kata Fazinawati.(wsa)