Jumat, 29 Maret 2024

Jika Rupiah Tembus Rp 20.000, Ini Skenario yang Disiapkan Menkeu

Berita Terkait

batampos.co.id – Kementerian Keuangan telah bersiap pada skenario terburuk terhadap perdagangan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang diprediksi akan terus melemah. Masih menggilanya wabah Covid-19 diperkirakan bisa membuat kurs rupiah terhadap dolar bisa menyentuh angka Rp 20.000.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan skenario terburuk jika rupiah terus melemah hingga mencapai Rp 20.000 per dolar AS. “Skenario terburuk bisa di kisaran Rp 20.000. Sedangkan kita proyeksinya di kisaran Rp 17.000,” ujar Sri Mulyani, Rabu (1/4).

Di sisi lain, Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa pihaknya turut menjaga angka inflasi selama dampak virus Korona berlangsung di kisaran 3,9 persen meskipun sebelumnya pada UU APBN di kisaran 3,1 persen. “Inflasi masih akan tetap terjaga di kisaran 3,9 persen,” jelasnya.

Sri Mulyani melanjutkan penyebaran virus korona memaksa pemerintah dan otoritas moneter melakukan kebijakan yang tidak biasa. Kebijakan yang bersifat textbook sudah tidak bisa lagi diterapkan.

“Pemerintah di berbagai negara menggelontorkan stimulus fiskal dalam jumlah besar. Misalnya di Australia, yang mengeluarkan stimulus fiskal bernilai 9,7 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB),” tutupnya.(jpc)

Update