Rabu, 24 April 2024

Tinjau Rumah Sakit Corona di Batam, Jokowi: Kita Berharap Ini Tidak Dipakai

Berita Terkait

batampos.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan Rumah Sakit (RS) Khusus Corona di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau dan berharap RS tersebut tidak digunakan.

“Kita harapkan ini (RS Corona) tidak dipakai tapi kita siapkan. Ini dibangun memang untuk menyiapkan itu (mengatasi penyakit menular), tapi kita harapkan tidak dipakai,” katanya saat mengelar konfrensi press di Galang, kota Batam.

Presiden mengatakan, setelah tidak ada lagi Covid-19 lokasi tersebut akan digunakan untuk rumah sakit menular dan riset.

Pembukaan RS Khusus Infeksi di Pulau Galang, Batam. Presiden Joko Widodo berharap RS tersebut tidak digunakan untuk menangani pasien terinfeksi penyakit menular. Foto: Cecep Mulayan/batampos.co.id)

“Semuanya ini memang kita rencanakan dan kita harapkan tidak terjadi (penumpukan pasien penyakit menular) tapi paling tidak kita siap. Seperti Wisma Atlet juga kita siapkan,” paparnya.

Presiden menjelaskan, saat ini RS Corona di Kota Batam sudah selesai dibangun dan rencananya akan dioperasikan dalam waktu dekat.

“Ini maksimal Senin (6/4/2020) sudah bisa dioperasikan, memang ada keterlambatan bahan-bahan material tiga sampai hari,” tuturnya.

Ia menjelaskan, di RS khusus Corona di Batam memiliki 360 tempat tidur dan ruang isolasi ICU 20 unit dan 30 unit non ICU.(*/esa)

Update