Sabtu, 20 April 2024

Polisi: Bungkus dan Santap di Rumah Saja

Berita Terkait

batampos.co.id – Kasat Sabhara Polresta Barelang Kompol Firdaus mengimbau kepada seluruh masyarakat yang membeli makanan atau minuman di warung untuk dibungkus dan dikonsumsi di rumah.

Hal ini untuk mengurangi penumpukan di sejumlah warung.

”Kita sifatnya hanya bisa mengimbau. Baik ke pedagang maupun pembeli,” kata Firdaus,
Jumat (3/4/2020) siang.

Firdaus menjelaskan imbauan kepada pedagang dan pembeli dilakukan setiap hari. Bahkan pada malam hari, Tim Gabungan dari Polri, TNI dan Pemko Batam rutin melakukan razia ke sejumlah angkringan dan food court.

”Kami lakukan imbauan untuk mengurangi kegiatan ke luar rumah dan tetap berkumpul dengan keluarga,” katanya.

Firdaus menambahkan dengan mewabahnya Covid-19 ini, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengeluarkan maklumat.

Tim patroli gabungan yang terdiri dari tNi-Polri, Satpol PP, Ditpam dan instansi terkait mengimbau kepada pengunjung tempat ngopi dan makan untuk meminimalisir berkerumun atau berkumpul, dan meminta pengunjung meninggalkan lokasi dan pulang ke rumah masing-masing, Senin (30/3/2020). Kegiatan ini upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Di antaranya tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa, baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri.

Seperti pertemuan sosial, budaya, keagamaan, dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, loka karya, sarasehan, dan kegiatan lainnya yang sejenis.

Kemudian kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran dan resepsi keluarga, olahraga kesenian dan jasa hiburan.

Termasuk unjuk rasa, pawai dan karnaval.

”Kapolri juga mengimbau masyarakat untuk tidak terpengaruh dan menyebarkan berita dengan sumber tidak jelas,” katanya.

Hal senada disampaikan Kapolresta Barelang, AKBP Purwadi Wahyu Anggoro. Dia mengatakan untuk pencegahan penularan virus ini, pihaknya melakukan sosialisasi ke seluruh wilayah.

Sosialisasi dengan menggunakan kendaraan dan pengeras suara.

“Hanya kita lakukan imbauan saja kepada yang ngumpul. Kalau masih (berkumpul) tidak mau pergi, akan kita semprot juga orangnya,” katanya.

Purwadi menambahkan pihaknya juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan di perumahan, dan jalanan.

Selain itu melakukan imbauan ke perumahan mengenai langkah-langkah mengantisipasi menyebarnya virus.

Seperti menjaga kesehatan dengan mencuci tangan menggunakan air yang mengalir,  mengolah bahan makanan hingga matang, rutin mengkonsumsi buah, sayur, dan sehari minimal meminum 18 gelas air putih, olahrga dan istriahat yang cukup.(opi)

Update