Sabtu, 20 April 2024

Sulit Temukan Masker Bedah? Bisa Gunakan Masker Kain

Berita Terkait

batampos.co.id – Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan ada 3 jenis masker yang bisa digunakan untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19, yaitu masker kain, masker bedah, dan masker N95.

Wiku mengatakan, masker kain bisa digunakan masyarakat saat berada di tempat umum dan berinteraksi dengan orang lain. “Masker ini dapat terbuat dari kain minimal 3 lapis yang dapat digunakan oleh masyarakat. Apabila mulai basah bisa diganti,” kata Wiku di kantor BNPB Jakarta Timur, Sabtu (4/4).

Wiku mengajak masyarakat agar lebih meningkatkan rasa solidaritas dengan cara membantu membagikan masker kain kepada orang lain. Sehingga semua pihak bisa saling melindungi diri dari terpapar virus.

Sementara itu, kategori masker bedah biasa digunakan untuk tenaga kesehatan atau orang yang sakit. Sedangkan masker N95 digunakan untuk tenaga medis yang menangani pasien dengan risiko infeksi tinggi. “Kami mengetahui ada beberapa tenaga dokter gigi yang telah gugur, maka dari itu disarankan (para dokter) untuk menggunakan masker N95,” jelas Wiku.

Oleh sebab itu, tenaga medis yang tidak menangani pasien dengan resiko infeksi tinggi dan orang sakit, maka hanya menggunakan masker bedah. Dengan begitu, penggunaan masker bisa sesuai dengan peruntukannya.(jpg)

Update