Sabtu, 20 April 2024

Hati-Hati! Bisa Tertular Virus Corona Karena Menyentuh Wajah

Berita Terkait

batampos.co.id – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo‎ meminta para ketua RT dan RW di daerahnya masing-masing menyediakan tempat cuci tangan. Hal itu dinilai efektif untuk mencegah penyebaran Korona.

Pentingnya menjaga kebersihan tangan itu, kata Doni, karena berdasar data yang ia dapat, 70-90 persen orang tertular virus Korona karena tangannya menyentuh daerah-daerah di bagian wajahnya.

“Katakanlah di rumah ibadah, orang menyentuh bekas orang yang positif, tapi ia sendiri tidak tahu. Kemudian tangannya memegang mata hidung dan mulut‎,” ujarnya.

Oleh sebab itu, orang yang tidak sengaja tertular itu apabila imunitasnya rendah, maka akan mudah tertular. Sehingga ini yang ditakutkan banyak pihak. Karena jika tertular pada manusia usia lanjut ini yang akan sangat bahaya.

“Jadi kalau imunitasnya rendah pasti terpapar. Sehingga jika sudah usia lanjut maka ini sangat berbahaya. Bisa menimbulkan kematian,” katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, anak muda yang imunitasnya tinggi bisa saja menyimpan virus itu dalam tubuhnya, dan itu potensi penularannya ke orang tua sangat besar. Bahkan, menurut Doni dia menyebut anak muda adalah pembunuh potensial dalam virus Korona ini.

“Jadi tanpa dirasa anak muda yang tidak diketahui kesehatannya. Sebenarnya mohon maaf bisa menjadi pembunuh potenisial, atau pembawa maut,” ungkapnya.

Selain itu, Doni memaparkan bahwa 30 persen orang yang positif Korona karena tertular lewat batuk dan flu dari si penderita ‎korona.

“30 persen terpapar karena batuk dan bersin dari penderita (positif), sehingga harus jaga jarak dimanapun berada, gunakan masker, termasuk dirumah,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Doni mengajak semua pihak untuk disiplin dalam hidupnya. Seperti melakukan ‎social dan physical distancing‎. Hal itu dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus Korona di Indonesia ini.

“Inilah pentingnya selalu menjaga jarak bukan hanya di tempat umum. Tetapi di rumah juga,” pungkasnya.(jpg)

Update