Sabtu, 20 April 2024

RSUD Natuna Dapat Bantuan Rp 500 Juta untuk Penanganan Wabah Covid-19

Berita Terkait

batampos.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Natuna mendapat bantuan dana Rp 500 juta untuk penanganan dan pencegahan wabah virus corona atau Covid-19. Sekretaris Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah, Pemkab Natuna, Suryanto mengatakan, suplai dana Rp 500 juta tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepri untuk penanganan wabah virus corona di Natuna.

Secara teknisnya diperuntukkan langsung untuk RSUD. Bantuan dana ini sudah diterima pemerintah daerah. Namun belum disalurkan ke RSUD. Karena masih menunggu rencana kegiatan anggaran dari RSUD. Tujuannya agar bantuan dapat diserap tepat sasaran dalam penanganan pendemi virus corona. Seperti Pengadaan Alat Pelindung diri (APD) dan kelengkapan lainnya.

”Bantuan itu sepenuhnya untuk RSUD sebagai lembaga yang menangani pasien corona,” ujar Suryanto, Selasa (8/4).

Suryanto menjelaskan, bantuan dari provinsi merupakan dana tanggap darurat pandemi virus corona, yang dapat digunakan untuk kepentingan yang mendesak. Namun dalam penggunaan tetap dalam pengawasan BPKP, agar tidak disalahgunakan.

”Saat ini pemerintah daerah sudah melakukan perubahan sejumlah kegiatan, karena anggarannya dialihkan untuk penanganan dan pencegahan wabah virus corona. Kegiatan OPD yang dipangkas termasuk perjalanan dinas luar daerah, kegiatan seremoni maupun anggaran rapat. Tentunya kebijakan pemerintah daerah sesuai edaran yang dikeluarkan kementerian terkait,” jelas Suryanto.

Sementara anggota Komisi III DPRD Provinsi Kepri, Hadi Candra mengatakan, pihaknya ikut mengawasi penggunaan anggaran penanganan dan pencegahan virus corona di Natuna. Termasuk bantuan dana dari Provinsi Kepri.

Diharapkan Pemkab Natuna dapat memanfaatkan bantuan ini dengan bijak dan baik sesuai kebutuhan. ”Kami berharap bantuan dari pemprov kami dapat membantu dan meringankan beban keuangan daerah dalam menghadapi pendemi Covid-19 di Natuna,” harapnya. (arn)

Update