Sabtu, 20 April 2024

Warga Batam BBM Bisa Diantar ke Rumah Lho

Berita Terkait

batampos.co.id – Penerapan social distancing atau jaga jarak berdampak pada mobilitas warga di Batam yang mulai berkurang.

Hal ini terlihat dari penurunan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium pada Maret 2020 yang mencapai 7,1 persen dibanding konsumsi normal.

Sebagai solusi bagi masyarakat yang tetap beraktivitas di luar rumah dan untuk memenuhi kebutuhan energi, Pertamina menggagas layanan Pertamina Delivery Services (PDS) atau layanan antar BBM di Kota Batam.

Unit Manager Communication & CSR MOR I Pertamina, Roby Hervindo, mengatakan, untuk mendapatkan layanan PDS sangat mudah, yakni hanya cukup mengubungi call center Pertamina.

”Pelanggan bisa langsung menghubungi call center Pertamina 135, mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. BBM dan elpiji diantar langsung ke alamat. Mudah, nyaman dan aman,” ujar Roby.

Untuk tetap meminimalisir kemungkinan penyebaran Covid-19, petugas pengantaran juga akan dilengkapi alat pelindung diri dan alat kebersihan.

Antrean pengendara saat membeli BBM di salah satu SPBU di Kota Batam. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Misalnya, sarung tangan dan masker. Adapun, produk yang bisa dipesan oleh masyarakat berupa Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite hingga Bright Gas 5,5 Kg.

Pelanggan bisa membayar melalui aplikasi MyPertamina, sehingga mengurangi kontak fisik. Harga produk layanan PDS sama dengan pembelian langsung SPBU.

Karena ongkos kirimnya gratis dan berlaku hingga 31 Mei 2020. Pertamax Turbo dibanderol dengan harga Rp 10.050 per liter, Pertamax Rp 9.400 per liter.

Sedangkan untuk Dexlite, seharga Rp 9.900 per liter dan Bright Gas 5,5 Kg Rp 69.000 per tabung isi ulang.

”Saat ini, cakupan wilayah PDS masih meliputi wilayah Kecamatan Lubukbaja, Kota  Batam. Tidak menutup kemungkinan diperluas seiring meningkatnya pemesanan dari konsumen,” katanya.

Sementara itu, di SPBU Coco, selain dilakukan disinfektasi, juga telah dipasang garis antrean berjarak. Ini salah satu upaya menjaga social distancing di SPBU.

Agar ketika konsumen membeli BBM tetap menjaga jarak sesuai garis yang ada di SPBU. Garis antrean ini secara bertahap diterapkan ke seluruh SPBU di Kepri.

Selain mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 melalui PDS, Pertamina juga membantu lewat program Pertamina Peduli.

Di antaranya dengan memberikan bantuan 100 set Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis untuk penanganan Covid-19.

Bantuan tersebut terdiri dari 100 baju hazmat (coverall medis), 100 pasang sarung tangan reusable, 20 box nursecap, lalu 100 pieces kacamata Goggle dan 100 pasang sepatu boot.

Juga ada 250 masker N95 yang diserahkan pada Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr. Midiyanto Suratani, Tanjungpinang.

Selain itu, Pertamina juga bekerja sama dengan Kadin Kota Batam, dengan menyiapkan 1.000 liter BBM jenis Dexlite untuk kegiatan penyemprotan disinfektan.(gie)

Update