Jumat, 19 April 2024

Jokowi Bagi-bagi Sembako, Warga Berkumpul di Istana

Berita Terkait

batampos.co.id – Beredar video yang menayangkan kerumunan warga di Istana Kepresidenan Bogor. Mereka berkumpul karena ada kabar pembagian sembako dari Presiden Joko Widodo (Widodo) pada Sabtu (11/4) malam.

Namun, hal itu buru-buru langsung dibantah oleh Deputi Bidang Protokol Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin. Menurutnya kabar itu tidak benar.

“Perlu kami sampaikan bahwa berita tersebut tidak benar,” kata Bey dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/4).

Meskipun, Bey tak menampik jika Presiden Jokowi membagikan paket sembako pada Kamis 9 April 2020 di Jakarta dalam perjalanan dari Istana Merdeka Jakarta menuju Gerbang Tol Kemayoran untuk melanjutkan perjalanan ke Bogor. Selain itu, pembagian sembako juga dilakukan pada Jumat 10 April 2020, malam.

“Dalam kegiatan pembagian paket sembako tersebut, pihak Paspampres selalu mengutamakan protokol kesehatan dalam pandemi virus corona dan physical distancing,” ujar Bey.

Bey menyebut, pada Sabtu 11 April 2020 malam, masyarakat Kota Bogor memprakirakan Presiden Jokowi akan kembali membagikan paket sembako. Padahal, pada hari itu Presiden tidak ada agenda membagikan paket sembako.

“Kemungkinan karena malam sebelumnya ada pembagian paket sembako, masyarakat mengira akan ada lagi pembagian sehingga mereka berbondong-bondong ke Istana Kepresidenan Bogor,” ucap Bey.

Setelah diberi penjelasan oleh Paspampres yang dibantu aparat kewilayahan dari Komando Resor Militer 061 (Korem 061/Surya Kencana) dan Polresta Bogor Kota, para warga tersebut akhirnya kembali ke rumah masing-masing.

“Terlebih lagi, DKI Jakarta dan wilayah Bogor sudah ditetapkan Menteri Kesehatan sebagai wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tentunya kita semua harus mendukung pelaksanaan PSBB ini,” tukas Bey.

Sebelumnya ramai diberitakan, Jokowi memang diketahui membagikan sembako sepanjang dari Tugu Kujang ke arah Ekalokasari sebelum menuju Istana Bogor pada Jumat (10/4) malam. Aksi bagi-bagi sembako itu berlangsung sekira pukul 20.30 WIB selama kurang lebih 30 menit.

“Tadi malam itu memang ada pembagian sembako dari Pak Jokowi. Pak Presiden ikut langsung. Tapi enggak ada warga berkerumun. Jadi, ngasih, jalan lagi, ngasih, jalan lagi. Gitu aja,” jelas Paur Humas Polresta Bogor Kota Ipda Desty Irianti.

Banyak warga terutama pengemudi ojek online yang berada di pinggir jalan menerima bantuan langsung dari Jokowi malam itu.(jpg)

Update