batampos.co.id – Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, bersama Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Natuna melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Pulau Laut, Senin (13/4/2020).

Kunjungan ini dalam upaya antisipasi dan pencegahan wabah Covid-19. Hamid mengatakan, seluruh petugas puskesmas di Pulau Laut harus memahami langkah-langkah utama dalam menyikapi pandemi Covid-19.

Agar tidak menimbulkan kecemasan berlebihan di masyarakat, namun tetap dalam penanganan yang tepat.

“Saat ini terdapat empat warga dengan status pengawasan dan 162 dalam pantauan. Tapi kita bersyukur tidak ditemukan warga yang positif terpapar. Tentu kerja sama semua pihak untuk terus mencegahnya,” kata Hamid.

Ilustrasi

Dalam kunjungan tersebut, Hamid menegaskan, akan memprioritaskan tunjangan tenaga medis di puskesmas.

Karena merupakan garda terdepan dalam penanganan kesehatan masyarakat di tengah pandemi wabah virus Covid-19.

“Gaji dan tunjangan tenaga medis atau pegawai di puskesmas di pulau-pulau harus diperioritaskan. Mereka sudah mengabdi untuk kesehatan masyarakat,” tegas Hamid.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Natuna, Rizal Rinaldy, mengatakan, saat ini terdapat empat warga Natuna dalam status PDP dan 163 status OPD.

Dari empat orang status PDP, terdapat satu orang anak. Dan 25 orang anak status ODP serta 58 perempuan.

“Saat ini baru 106 orang status ODP selesai, 56 orang dalam proses. Tiga orang status PDP selesai, dan satu masih proses. Tapi ada empat orang tanpa gejala dalam proses labor,” jelasnya.(arn)