batampos.co.id – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kepulauan Riau melakukan Operasi Makan Gratis, kali ini ACT Kepri melibatkan warung makan yang biasa disinggahi pekerja harian.

Seperti ojek online, pekerja bangunan dan pekerja yang terpaksa di rumahkan di tengah pandemi.

Sejak Senin (20/4/2020) ACT Kepulauan Riau menggandeng lima warung makan di Kota
Batam untuk operasi makan gratis.

Ratusan penerima manfaat merasakan lezatnya hidangan yang disediakan warung makan yang bekerja sama dengan ACT.

Di perumahan Bida Asri misalnya. Rabu (21/4/2020) warung nasi campur pak erwe yang biasa penghasilannya selalu stabil, namun sejak pandemi mengalami penurunan yang sangat drastis.

“Semenjak corona menyebar ini, warung jadi sangat sepi sehingga pendapatan menurun,” kata pemilik warung, Suparmin.

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kepulauan Riau melakukan Operasi Makan Gratis. Kali ini ACT Kepri melibatkan warung makan yang biasa disinggahi pekerja harian. Foto: ACT untuk batampos.co.id

“Beberapa pengunjung yang datang memang mengakui mereka takut keluar rumah juga ekonominya cukup terganggu” jelasnya.

Ratusan pekerja harian yang menerima hidangan lezat tersebut mengucapkan terima kasih karena program tersebut sangat membantu.

“Program ini bermanfaat sekali, bagi masyarakat, apalagi saat ini kita mengalami situasi yang sulit, untuk naik ojek saja banyak yang tidak mau karena takut” ujar Wawan seorang pengendara ojek.

Operasi Makan Gratis di Batam rencananya akan berlangsung menjelang awal Ramadan di pada Kamis (23/4/2020).

“Variasi program akan terus kita lakukan sebagai bentuk ikhtiar terbaik kita bagi masyarakat di tengah pandemik ini, operasi makan gratis sendiri direncanakan hingga menjelang awal Ramadan” ujar Branch Manager Aksi Cepat Tanggap Kepulauan Riau, Agus Suprianto.

Berpedoman dengan anjuran pemerintah pada operasi makan gratis ini, relawan ACT Kepri menerapkan sistem take away.

Sehingga dapat menghindari terjadinya penumpukan massa di satu titik. Beragam program untuk melawan corona terus dilakukan.

Seperti operasi beras gratis, operasi makan gratis, hingga aktivasi humanity food truck untuk mendukung aksi di Rumah Sakit Darurat Pulau Galang.(*)