Sabtu, 20 April 2024

Quraish Shihab: Rasulullah Pernah Salat Tarawih di Rumah

Berita Terkait

batampos.co.id – Ulama Quraish Shihab mengharapkan, umat Islam di Indonesia dapat memaknai ibadah Ramadan dengan segala keterbatasan saat pandemi Covid-19. Menurut Quraish, memelihara kesehatan merupakan kewajiban dari setiap umat.

“Dalam dalam konteks ini, agama menetapkan bahwa memelihara kesehatan itu adalah kewajiban dari setiap umat. Jadi jangan ke masjid yang dapat bercampur erat dengan penyakit,” kata Quraish Shihab dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat (24/4).

Ibadah Ramadan, jika dilakukan dalam keadaan normal dapat melaksanakan salat tarawih berjamaah. Namun, pandemi ini menimbulkan masalah, jika diduga pergi ke masjid akan bercampur dengan penyakit.

“Maka diduga keras oleh ahlinya itu (pergi ke masjid) bisa menyebarkan, atau bisa menjadikan yang berkunjung dan bercampur erat itu terjangkit penyakit,” ucanya.

Terlebih, Quraish Shihab menyebut, Nabi Muhammad SAW pernah memberikan contoh selama tiga malam berturut-turut tidak melaksanakan tarawih secara berjamaah. Saat itu, Rasul melaksanakan ibadah salat tarawih di rumah.

“Jika demikian, kalau kita tidak ke masjid itu tidak masalah. Bahkan kita bisa berkata bahwa, kalau kita salat itu di rumah kita meneladani Rasul SAW yang salat di rumah,” jelas Quraish Shihab.(jpg)

Update