batampos.co.id – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lingga, Kisanjaya, terus bekerja keras untuk menghimpun data seluruh warga yang terkena dampak pandemi Covid-19 di Bunda Tanah Melayu ini.

Sehingga data yang akan digunakan pemerintah pusat, provinsi, dan pemerintah daerah ini tidak tumpang tindih.

“Apalagi kami hanya memiliki waktu yang singkat dalam menghimpun data tersebut,”
ujar Kisanjaya kepada Batam Pos, Minggu (26/4/2020).

Terlebih, data ini tidak hanya sampai pada tingkat daerah bahkan yang ada juga sebagai panduan pemerintah tingkat desa untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Karena data tersebut sangat penting dan harus tepat, untuk itu Dinas Sosial terus bekerja keras menghimpun agar tidak terjadi kesalahan.

Data ini nantinya akan digunakan pemerintah sebagai landasan untuk penyerahan  bantuan. Sehingga ke depan, dengan data ini akan dapat membantu warga khususnya
yang terkena dampak Covid-19.

Selain itu, data tersebut juga sebagai landasan untuk hal-hal lainnya bilamana diperlukan.

“Ini perlu waktu yang cukup. Dari data yang diusulan desa, kami harus singkronkan dengan NIK di Dinas Kependudukan,” kata Kisanjaya.

Kisanjaya menambahkan, data yang jelas sangat dibutuhkan karena dari tingakat RT dan RW yang paling mengetahui warga mereka yang benar-benar terdampak pandemi Covid-19 ini.

Sedangkan untuk bentuk bantuan hingga saat ini masih dalam proses dan penentuan apakah berbentuk barang atau uang tunai.

Namun, selain dari bantuan pemerintah, Kisanjaya, mengaku, sejumlah ASN di jajaran  Dinas Sosial telah melakukan kegiatan sosial secara pribadi dengan menyisihkan pendapatan mereka untuk berbagi kepada sesama atau warga yang lebih membutuhkan.

Ini sebagai bentuk kepedulian mereka kepada warga.(wsa)