batampos.co.id – Pemko Batam akan menyalurkan kekurangan sembilan bahan pokok (Sembako) kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19 pada Kamis (30/4/2020) mendatang.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Ahcmad, mengatakan, berdasarkan data yang ada kekurangan sembako mencapai 68 ribu paket.

Sesuai pagu anggaran sembako murah hanya dianggarkan sebanyak 192 paket, sedangkan jumlah kepala keluarga (KK) yang tidak mampu sebanyak 260 ribu KK.

”Jadi, kekurangan ini dibantu pengusaha hingga perusahaan sehingga bisa menutupi kekurangan yang terjadi di semua kecamatan,” kata dia, Minggu (26/4/2020).

Pendistribusian akan segera dituntaskan. Sehingga Pemko Batam bisa melanjutkan persiapan sembako tahap dua yang direncanakan minggu kedua di Mei nanti.

Perangkat RT/RW membawa bantuan sembako dari Pemko batam yang diambil dari kantor Lurah
Tanjunguncang, Batuaji, Rabu (22/4/2020). Saat ini Camat sedang mendata ulang daftar penerima bantuan sembako tahap dua. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

”Paling cepat itu akhir minggu pertama Mei. Mudah-mudahan petugas siap dan sembako ready, jadi tidak butuh waktu lama akan kami bagikan kembali sembako ini,” sebutnya.

Mengenai teknis pendistribusian sembako tahap dua yang berisi 10 kg beras, tiga liter minyak dan satu dus mi instan ini sudah dirapatkan bersama.

Intinya Pemko sebagai pelaksana dan siap mendistribusikan sembako ini.

”BP Batam kalau tidak salah akan memberikan bantuan dalam bentuk dana. Selanjutnya kami yang akomodir untuk menyiapkan hingga pendistribusian,” jelasnya.

“Nanti akan kami selang-seling saja antara Pemko, BP Batam dan pemerintah provinsi,” katanya lagi.

Pendistribusian kata dia, masih menggunakan teknis yang sama. Petugas mendatangi rumah warga penerima.

Ia berharap bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat yang membutuhkan dalam menghadapi kondisi seperti ini.

Camat Sekupang, Muhammad Arman, mengatakan, pihaknya masih kekurangan sembilan ribu paket sembako murah yang dibagikan Pemko Batam.

Dari total 31 ribu paket jumlah sembako yang sudah didistribusikan baru 22 ribu paket.

”Sudah didistribusikan semua. Tinggal yang kekurangan saja lagi. Mudah-mudahan minggu ini bisa selesai,” ucapnya.

Tidak hanya dari pemerintah, bantuan sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19  juga terus mengalir dari berbagai kalangan sampai, Minggu (26/4/2020).(yui)